Whosss, Via Tol Sekejap Warga Palembang dan Jambi Bisa Liburan Akhir Tahun 2023 di Lampung

Kamis 30-11-2023,09:47 WIB
Reporter : Hendarto Setiawan
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV – Keberadan jalan tol Trans Sumatra (JTTS) ruas Lampung – Palembang sudah lama dimanfaatkan. Sebentar lagi, akses jalan tol penghubung tahap II ruas Bayung Lencir – Tempino III bisa dinikmati.  

Ruas jalan ini akan menghubungkan tiga kota penting di wilayah Sumatra Bagian Selatan (Sumbagsel) yakni Jambi, Palembang dan Bandar Lampung. 

Tol Bayung Lencir – Tempino ini menjadi proyek tol pertama di Provinsi Jambi yang akan membuka konektivitas antara ketiga kota tersebut.

Menairknya,  koneksivitas antar tiga kota sudah mulai dimanfaatkan. Baik untuk kepentingan bisnis, wisata, urusan dinas dan urusan pribadi lainnya. 

Biasanay di akhir pekan, sejumlah pintu keluar tol JTTS di Bandar Lampung dan lainnya seperti Kalianda atau Bakauheni Utara banyak dijumpai deretan mobil dengan plat nomor polisi BG (Sumatra Selatan) dan BH (Provinsi Jambi).

BACA JUGA:Rekomendasi Wisata Alam Untuk Liburan Akhir Tahun Di Lampung Selatan, Lengkap Rute dan Tarif Masuk

Pun begitu dengan lokasi parkiran destinasi wisata seperti di Pantai Mutun dan sekitarnya, dan dermaga Ketapang. Mobil jenis bus, pribadi dan travel ini berada di kantong parkir, untuk selanjutnya melancong ke Pulau Pahawang dan Tegal Mas.

Informasi yang disampaikan melalui akun resmi PT Hutama Karya (Persero), proyek JTTS ini memiliki potensi besar untuk memberikan manfaat dalam berbagai sektor.

Antara lain memangkas waktu tempuh dari Jambi ke Lampung atau sebaliknya lebih hemat hingga menjadi 1,5 jam saja.

”Ini akan sangat menguntungkan bagi para pelaku bisnis dan wisatawan yang sering melakukan perjalanan antar kota,” tulis keterangan di laman Hutama Karya.

Tidak hanya itu, pembangunan jalan tol ini juga diharapkan akan menggairahkan sektor pariwisata di wilayah – wilayah tersebut. Kunjungan balasan juga kerap dilakukan oleh masyarakat Lampung ke Palembang dan sekitarny.a

Pembangunan JTTS dikembangkan oleh pemerintah guna mempermudah konektivitas transportasi di Pulau Sumatera. Terbaru, sedang dibangun jalan tol menghubungkan tiga daerah di Sumatera yakni Jambi, Palembang dan Lampung.

Ruas jalan tol yang on progress pembangunan adalah ruas Bayung Lencir - Tempino seksi tiga berada di Provinsi Jambi.

Pembangunan JTTS tahap kedua oleh PT Hutama Karya, diawlai penandatanganan kontrak proyek pada 17 Mei 2023 lalu . Yakni melalui skema kerja sama operasi (KSO) dengan PT Wijaya Karya dan PT Brantas Abipraya dengan porsi masing-masing yakni Hutama Karya (60%), Wijaya Karya (25%) dan Brantas Abipraya (15%).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo mengatakan, bahwa proyek senilai Rp 2,76 triliun ini ditargetkan rampung pada akhir Juni tahun 2024 mendatang.

Kategori :

Terpopuler