7 Atlet Sambo Lampung Kantongi Tiket PON Aceh - Sumut XXI 2024

Sabtu 04-11-2023,14:36 WIB
Reporter : Siti Saskia Salamah
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTV – Sebanyak tujuh atlet sambo Provinsi Lampung mengantongi tiket PON XXI Aceh – Sumatra Utara 2024. Menyusul keberhasilan di ajang Pra PON Sambo di Bogor, Provinsi Jawa Barat 28 - 31 Oktober 2023.

Sambo merupakan olahraga gabungan gulat dan judo. Inti sambo menekankan pada kemampuan kontrol dan kuncian kaki. Sambo yang dipopulerkan oleh Khabib Nurmaghedov ini mengajarkan praktisi cara untuk mengakhiri perkelahian dengan cepat. 

Di even Pra PON, Lampung mengirimkan 14 atlet, sebagian mampu lolos 7 atlet. Sambo meraih 2 medali perak, 3 perunggu dan 2 atlet masuk 5 besar. Total ada 7 atlet yang akan berangkat menuju Medan dan Banda Aceh. 

Donasi dua medali perak diraih oleh Iqbal Al Ghifari yang bertanding di kelas -79 kg sport Putra dan Fadillah Arif di kelas +98 kg sport putra. 

Untuk Rasuna Fatin turun di kelas -50 Kg sport putri, Sri Oktasari kelas 50 Kg combat putri, dan Maulana Abitama kelas 53 Kg sport putra mampu meraih medali perunggu.

Kemudian dua atlet berhasil lolos 5 besar yaitu Wahyu di kelas 56 kg combat putra dan Bona Ventura di kelas 54 kg combat putra.

”Target lolos PON sudah terlampaui dari 5 tiket kita mampu lolos tujuh atlet,” kata Coach Sambo Buyung Yudhanto.

Usai even ini, akan dilakukan evaluasi besar-besaran. Mulai dari penampilan para atlet, tampilan lawan dan calon lawan. Termasuk menu latihan apa saja yang disajikan kepada anak didiknya. 

”Kita akan evaluasi, supaya target perolehan medali PON 2024 bisa tercapai. Mulai dari peningkatan sesi latihan, jam terbang atlet, tryout ke luar daerah, termasuk go internasional seperti Rusia dan Uzbekistan,” tambahnya. 

Pihaknya juga memberikan catatan penting untuk daerah terkuat calon lawan. Yakni Jawa Barat, Kalimatan Timur, dan Sumatera Utara. 

Berdasarkan pengalaman PON sebelumnya. Maka pemusatan latihan harus benar-benar maksimal. 

“Harapan saya TC tahun ini bisa lebih dari 6 bulan dan mungkin atlet bisa diberikan kesempatan untuk try out ke luar negara, seperti ke Rusia dan Uzbekistan,” tandasnya.

Mengapa harus ke luar negeri. Karena merupakan acuan terbaik untuk mendapatkan ilmu yang lebih baik dan tinggi. Berbeda jikalau uji coba di level nasional maka akan sulit berkembang.

Pihaknya juga sangat berharap bisa mengikuti even di Malaysia pada Desember 2023 dan kejuaraan ASEAN Indonesia Martial Art Game (IMAG) di Rusia bulan April 2024. 

Buyung mengaku bersyukur KONI Provinsi Lampung mendukung keberangkatan Pra PON dan Kejurnas Karawang. Pemberangkatan ini untuk menambah mental dan jam terbang atlet.

Kategori :