Cabai Merah Naik 100 Persen, Pelaku Kuliner Naikan Harga

Kamis 02-11-2023,20:08 WIB
Editor : Septa Ardinata

RADARTV - Dampak kemarau panjang, harga cabai merah di Bandarlampung terus mengalami kenaikan. 

Rasiem, Salah satu pedagang bumbu dapur di pasar tradisional Way Halim, Bandarlampung mengatakan, kenaikan harga cabai terjadi sejak satu bulan terakhir. Cabai merah kini dijual Rp 75 ribu hingga Rp 85 ribu. Semula harga cabai merah hanya dijual Paling mahal Rp 35 ribu sampai Rp 40 ribu.

"Satu bulan terkahir ini naik terus. Cabai merah sekarang ada yang jual 85 ribu perkilogramnya. Dulu cabai paling mahal 40 ribu," kata Rasiem, 2 Oktober 2023.

Pedagang harus mengeluarkan modal besar, karena harga beli dari distributor sudah mahal. "Kami beli sudah mahal jadi kami juga jualnya mahal biar untung dan tidak rugi," tukas Rasiem.

Sementara itu, Septia salah seorang pelaku usaha kuliner rumah makan, mengaku harus menaikkan harga jual produk olahan makanan. Hal ini dilakukan agar usaha tetap berjalan dan terhindar dari dampak kerugian. Kenaikan harga disesuaikan dengan pengeluaran dalam membeli bahan olahan kuliner .

"Beli cabe sudah mahal, jadi harga sayur matang ikut mahal. Tapi disesuaikan dengan biaya pengeluaran biar pelanggan tidak pergi. Agar tidak terlalu mahal jadi ukuran cabai dikurangin," ungkap Septia. 

Sebelumnya, harga cabai di Pasar Tradisional Bandarlampung berkisar diharga Rp 35 ribu hingga Rp 40 ribu perkilogram, namun kini harga cabai merah di bandrol hingga Rp 85 ribu perkilogram.(*)

 

Kategori :