20 Kursi DPR RI dari Dapil Lampung, Siapa Melenggang Ke Senayan? 

Senin 21-08-2023,10:48 WIB
Reporter : redaksirltv
Editor : redaksirltv

BANDARLAMPUNG : Seperti pemilihan umum tahun 2019. Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengalokasikan jumlah kursi sama untuk DPR RI pada pemilu legislatif 2024. Total ada 20 kursi siap diperebutkan, masing-masing 10 kursi untuk daerah pemilihan (dapil) Lampung 1 dan Lampung 2.

Dapil Lampung I : 10 kursi

- Kabupaten Lampung Selatan - Kota Bandar Lampung - Kabupaten Pesawaran - Kabupaten Tanggamus - Kabupaten Pringsewu - Kabupaten Lampung Barat - Kabupaten Pesisir Barat  

 Dapil Lampung II : 10 kursi

- Kabupaten Lampung Timur - Kabupaten Lampung Tengah - Kabupaten Way Kanan - Kabupaten Tulang Bawang - Kabupaten Mesuji - Kabupaten Tulang Bawang Barat - Kabupaten Lampung Utara   Sesuai daftar calon sementara (DCS) untuk dapil Lampung 1 diisi 170 caleg dari 18 partai politik (parpol).  Khusus untuk dapil Lampung 2 diisi 100 caleg.

 Berikut Daftar Parpol Peserta Pemilu 2024

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)
  2. Partai Gerakan Indonesia Raya (GERINDRA)
  3. Paratia Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP)
  4. Partai Golkar
  5. Partai Nasional Demokrasi (Nasdem)
  6. Partai Buruh
  7. Partai Gelombang Rakyat Indonesia (GELORA)
  8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)
  9. Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)
  10. Partai Hati Nurani Rakyat (HANURA)
  11. Partai Garda Perubahan Indonesia (GARUDA)
  12. Partai Amanat Nasional (PAN)
  13. Partai Bulan Bintang (PBB)
  14. Partai Demokrat
  15. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)
  16. Partai Persatuan Indonesia (PERINDO)
  17. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)
  18.  Partai Ummat
Dengan komposisi jumlah yang cukup mencolok ini maka dapat dipastikan pertarungan dapil Lampung I lebih sengit. Baik pertarungan di internal parpol dan eksternal antar parpol peserta pemilu.

Pertarungan Dapil Lampung I

Perebutan kursi senayan antar parpol di dapil ini dipastikan bakal menarik.  Komposisi kursi DPR RI periode 2019 – 2024 terbanyak diraih PDIP dengan tiga kursi. Ada Sudin, Mukhlis Basri dan Endro Suswantoro. Tujuh kursi sisa, masing-masing diraih PKB, Gerindra, Nasdem, PKS, PAN, Golkar dan Demokrat. Semuanya diisi oleh para petahana yang siap melenggang kembali ke senayan. Dengan komposisi DCS yang ada, mereka tentu mengincar satu kursi milik PDIP. Bisa jadi caleg dari PKB, Gerindra, Nasdem dan Golkar yang berpeluang mencuri satu kursi milik PDIP. Nasdem misalnya menempatkan dua kader potensial yang mampu  

Pertarungan Dapil Lampung II

Pertarungan antar parpol di Lampung dua patut dicermati pula. PKB menampatkan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim di nomor urut 1. Ketua DPW PKB ini mengambil keputusan menggeser Ela Siti Nuryamah, pemegang satu kursi DPR RI dari Lampung 2 ke  nomor urut 1 Lampung 2. Komposisi perolehan suara di Lampung 2 ini patut disimak. PDIP meraih dua kursi,  Golkar 2 kursi. Sisanya, PKB, Gerindra, Nasdem, PAN, Demokrat , dan PKS masing-masing 1 kursi. Menariknya, di dapil ini ada nama baru yang berpeluang mencapat 1 kursi. Dia adalah mantan Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Mantan Ketua DPD Demokrat Lampung ini  siap- siap mencuri satu kursi dari Golkar atau PDIP. (*)
Tags :
Kategori :

Terkait