Aktif Tanpa Ribet: 10 Olahraga Ringan untuk Kaum Rebahan

Aktif Tanpa Ribet: 10 Olahraga Ringan untuk Kaum Rebahan

Seorang Pria Sedang Melakukan Plank-pinterest-

6. Cat- Cow Stretch

Gerakan ini terinspirasi oleh yoga dan sangat bagus untuk meregangkan punggung dan leher. Dari posisi merangkak, lengkungkan punggung ke atas seperti kucing yang meregangkan tubuhnya, lalu turunkan punggung secara perlahan serta mengangkat kepala. Gerakan ini dapat dilakukan dengan sangat santai, Namun tetap akan membantu meredakan ketegangan pada otot punggung.

7. Wall Sit

Jika Anda mencari sedikit tantangan, wall sit adalah latihan statis mudah yang dapat dilakukan tanpa peralatan apa pun. Turunkan tubuh hingga berada pada posisi duduk, bersandar pada dinding dengan lutut sejajar membentuk sudut 90 derajat. Tahan posisi ini selama 20 hingga 30 detik, istirahat, dan ulangi. Olahraga ini secara efektif mengembangkan kekuatan paha hingga bokong.

8. Latihan Pernapasan (Deep Breathing Exercises) 

Meski terlihat sederhana, namun latihan pernapasan dapat membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Duduk atau berbaring dengan nyaman, tarik napas dalam-dalam melalui hidung, tahan udara sejenak, lalu hembuskan perlahan melalui mulut. Latihan ini membantu meningkatkan sirkulasi oksigen hingga meredakan ketegangan.

9. Heel Touches

 Gerakan ini dapat dilakukan sambil berbaring telentang dengan menekuk lutut dan sentuh setiap tumit dengan tangan. Ini adalah latihan yang bagus untuk otot oblique (dua pasang otot yang membentang di kedua sisi perut) serta dapat dengan mudah dilakukan di tempat tidur.

10. Chair Exercises

Anda juga bisa memanfaatkan kursi untuk berolahraga. Berikut beberapa gerakan sederhana yang bisa Anda lakukan dengan kursi: 

• Duduk atau berdiri tanpa menggunakan tangan sebagai penyangga.

• Angkat kaki ke depan atau ke samping satu per satu.

• Angkat tumit dan berdiri diatas ujung kaki untuk melatih otot betis.

Kaum Rebahan tetap bisa beraktivitas dengan melakukan olahraga ringan yang tidak memerlukan banyak tempat serta peralatan. Kunci utamanya adalah konsistensi. Gerakan-gerakan ini mungkin terlihat sederhana, namun jika dilakukan secara rutin, dapat membantu menjaga kebugaran hingga kesehatan fisik.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: