Tim Kesenian SMAN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah Berjaya di Korea Selatan, inilah Sederet Presetasi nya

Tim Kesenian SMAN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah Berjaya di Korea Selatan, inilah Sederet Presetasi nya

tim kesenian sman 1 terusan nunyai lampung tengah berprestasi-sman 1 terusan nunyai lampung tengah-

RADARTVNEWS.COM – Duta Seni Tim Kesenian SMAN 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah berjaya di event Andong International Mask Dance Festival 2024. Helat tahunan Andong International Mask Dance 2024 ini diikuti berbagai negara dari belahan dunia antara lain;  China, Colombia, Cyprus, Dominican Republic, Union of West Africa (Ghana, Nigeria), India, Indonesia, Italy, Ivory Coast, Japan, Lativa, Malaysia, Mongolia, New Zealand, Peru, Poland, Republic of South Africa, Romania, Russia, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Turkiye, Uzbekistan, dan Vietnam. 

Dalam festival bergengsi kelas dunia ini Tim Kesenian SMAN 1 Terusan Nunyai Lamteng berhasil membukukan prestasi yang membanggakan yakni; untuk Kategori Kelompok yang mengusung tari “Sang Bumi Ruwai Jurai” berhasil menyabet penghargaan Gold Prize. Sedangkan untuk Kategori Induvidual (Agus, Jefi, Ufia), berhasil meraih penghargaan Silver Prize. Kategori Induvidual (Agil, Angellica, Septa) berhasil menyabet Bronze Prize. Penghargaan Special Award berhasil di raih Kategori Individual Luthfi Guntur Eka Putra, Kategori Individual Bulan Riestamara Putri dan Kategori Individual I Wayan Putra Sulaksana.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Dra Ratnawati, M.Pd dari Desa Andong Hahoe, Andong, Korea Selatan mengabarkan para penampil dengan mengusung tari yan sarat muatan kearifan lokal berhasil memukau para penonton internasional. “Apalagi ketika tari “Sang Bumi Ruwai Jurai” tampil di panggung utama festival. Tari ini berhasil menyihir para dewan juri sehingga berhasil merebut penghargaan Gold Prize,” ujar Ratnawati bangga. 

Lebih lanjut Ratnawati memaparkan 5 Tari kategori Individual yang tampil di Panggung 2 Festival yakni;  Tari Arya Wijaya, Tari Egg Flower,  Tari Muli Sikhop, Tari Sekhu Jejamo dan Tari Pudak Bebai juga tak kalah menarik berhasil menyabet  penghargaan Silver Prize, Bronze Prize dan 3 penghargaan Special Award.

“Saya sebagai pimpinan rombongan sangat bersyukur atas keberhasilan tim Kesenian SMAN 1 Terusan Nunyai ini. Semua berkat kerja tim. Sukses dan keberhasilan itu tak bisa diraih sendirian, tetapi bersama yang lain. Terima kasih semua atas dukungannya hingga tim ini berhasil, ” ungkap Ratnawati penuh rasa syukur.

Dra Ratnawati, M.Pd menambahkan tujuan tim kesenian ini  juga sebagai diplomasi budaya untuk mengenalkan budaya sekaligus promosi pariwisata Indonesia, khususnya kabupaten Lampung Tengah di kancah internasional.Dengan kegiatan diplomasi budaya ini diharapkan para seniman bisa belajar dan ke depan berkontribusi aktif untuk kepentingan bangsanya. 

Sementara Pimpinan Artistik Erna Budiwati mengatakan tidak menyangka kita berhasil dengan prestasi yang membanggakan. “Sungguh perjuangan yang tidak sia-sia. Kebersamaan bagi kami merupakan kunci pembuka jalan disela-sela  usaha dan doa tentunya,” ujar Erna Budiwati penuh haru.

Hadirkan 6 Tarian di Panggung Internasional

Tim Kesenian SMA Negeri 1 Terusan Nunyai Lampung Tengah di panggung  event Andong International Mask Dance Festival 2024 Korea Selatan menampilkan 6 gelaran pertunjukan tari. Penampilan duta seni dari Lampung yang mengusung kearifan lokal setempat ini berhasil menyihir penonton Internasional.

Di panggung Internasional di Desa Andong Hahoe, Andong, Korea Selatan, yang merupakan  rumah dari Warisan Dunia UNESCO ini Tim Kesenian SMA Negeri 1 Terusan Nunyai di Panggung Utama Festival menaja tari “Sang Bumi Ruwai Jurai”. Sedangkan ddi Panggung 2 Festival menaja 5 Tarian yakni;  :Tari Arya Wijaya, Tari Egg Flower,  Tari Muli Sikhop, Tari Sekhu Jejamo dan Tari Pudak Bebai. 

Tim Produksi dari Tim Kesenian SMAN 1 Terusan Nyunyai ini terdiri dari Dra.Ratnawati, M.Pd (Pimpinan Produksi), Erna Budiwati, S,Pd (Pimpinan Artistik), Linda Widyawati, S.Pd (Rias dan Busana), Luthfi Guntur Eka Putra, M.Sn (Koreografer), Bulan Riestama, M.Sn(Koreogerafer), I Wayan Putra Sulaksana (Kerumahtanggaan), Jafi Arsolo (Dokumentasi), Angellica Ratu F (Koordinator Latihan),Ulfa Fitria Zahra (Humas), Agus Alfiansyah (Sekretaris), Agil Intan Nuraini (Bendahara), Sapta Ria Ramadhani (Sponsorship).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: