303 Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN RIL Resmi Jadi Bagian Kampus Hijau

303 Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN RIL Resmi Jadi Bagian Kampus Hijau

303 Mahasiswa Baru Pascasarjana UIN RIL resmi jadi bagian kampus hijau-UIN RIL-

LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM -  Sebanyak 303 orang Mahasiswa Baru Program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (Pascasarjana UIN RIL) resmi menjadi bagian Kampus.

Mereka telah melakukan kegiatan Pengenalan Sistem Akademik Pascasarjana (PSAP) bagi mahasiswa program Magister (S2) dan Program Doktor (S3) tahun akademik 2024/2025 pada Rabu, 11, September 2024 yang lalu di Ballroom Kampus Hijau Sukarame, Bandar Lampung.

Kegiatan PSAP bagi Mahasiswa S2 dan S3 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Biro Administrasi Akademik, Mahasiswaan, dan Kerjasama (AAAK), Dr. H Abdul Rahman, MPd (Mewakili Rektor UIN RIL, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg, PhD).

Dalam sambutannya, Kepala Biro Administrasi Akademik, Dr Abdul Rahman menyampaikan pesan penting bagi para mahasiswa baru yang memilih melanjutkan studi di tingkat pascasarjana. 

"Kami mengucapkan selamat datang kepada seluruh mahasiswa mahasiswi UIN Raden Intan Lampung yang penuh semangat untuk menuntut ilmu. Melanjutkan studi ke tingkat pascasarjana adalah keputusan bijak. Ibarat petualang yang menjelajahi samudra ilmu, Anda kini memasuki perairan yang lebih dalam. Tantangan yang dihadapi mungkin lebih kompleks, namun keindahan pengetahuan yang akan ditemukan juga tak terhingga,"jelas Dr Abdul Rahman.

Lebih lanjut, Dr Abdul Rahman juga  menegaskan, UIN Raden Intan Lampung adalah institusi perguruan tinggi dengan akreditasi unggul yang Bertumbuh Mendunia, siap menjadi lingkungan yang kondusif bagi mahasiswa untuk belajar, berdiskusi, dan mengembangkan diri.

PSAP ini dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai kurikulum, sistem evaluasi, dan berbagai fasilitas yang tersedia di kampus. 

"Kami berharap agar satu angkatan ini selalu kompak dalam perkuliahan. Walaupun kita hebat, walaupun kita pintar, tetapi kalau kita sendiri, kita juga akan kewalahan,"jelas Dr Abdul Rahman.

Selain itu, Dr Abdul Rahman juga menekankan pentingnya koordinasi antara mahasiswa dan pihak kampus, khususnya dengan Ketua dan Sekretaris Program Studi, dalam menghadapi berbagai tantangan akademik. 

"Sering-seringlah berkoordinasi, sering-seringlah berkonsultasi. Jangan biarkan permasalahan menjadi masalah yang berlarut-larut,” tambah Dr Abdul Rahman

Dr Abdul Rahman mengingatkan, tantangan pasti akan ada, namun di balik setiap tantangan selalu terdapat peluang untuk berkembang. “Gunakan waktu studi kalian dengan baik, tingkatkan kemampuan diri, dan potensi yang kalian miliki,” pesannya kepada para mahasiswa baru.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pascasarjana UIN RIL, Prof Dr Ruslan Abdul Ghofur MSi, melaporkan, jumlah mahasiswa baru tahun ini mengalami peningkatan signifikan. 

"Total mahasiswa baru Pascasarjana UIN Raden Intan Lampung tahun 2024 mencapai 303 orang, meningkat 15 persen dibandingkan tahun lalu. Ini adalah pencapaian luar biasa,” ungkapnya.

Dari 303 mahasiswa tersebut, sebanyak 25 orang terdaftar di S3 Manajemen Pendidikan Islam (MPI), 15 di S3 Hukum Keluarga Islam (HKI), dan 18 di S3 Pengembangan Masyarakat Islam (PMI). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: