Viral, Jusuf Kalla Cerita Kenang Jendral Teladan

Viral, Jusuf Kalla Cerita Kenang Jendral Teladan

Seminar Internasional '4 Ethos, 4 Jusuf' di Kampus Unhas . ig @jusufkalla--

RADARTV - Sosok Andi Muhammad Jusuf Amir atau lebih dikenal dengan M. Jusuf, ia salah satu tokoh militer Indonesia yang sangat berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Dalam posisi pemerintahan, dia menjabat sebagai Panglima Tertinggi ABRI Jendral TNI, Merangkap Menteri Pertahanan Keamanan pada periode 1978-1983.

Selain itu, dia pernah menjabat sebagai Menteri Perindustrian pada periode 1964-1974 dan Ketua Badan Pemeriksaan Keuangan periode 1983-1993.  M. Jusuf merupakan keturunan bangsawan dari suku Bugis dengan gelar Andi pada namanya namun melepaskan gelarnya di tahun 1957 dan tidak menggunakannya lagi. 

BACA JUGA:Lampung Raih Emas Perdana Dari Senam Ritmik

Jusuf Kalla mantan Wakil Presiden Republik Indonesia, hadir sebagai menjadi pembicara dalam Seminar Internasional ‘4 Ethos, 4 Jusuf: Prinsip dan Karakter Bugis-Makasar" di Unhas Hotel and Convention, Senin (2/9/2024) siang.

Menurut JK, Jendral M Jusuf alasan ia melepas gelar Andi pada namanya karena tidak sepakat dengan adab masyarakat yang melintas di depan rumah raja, harus turun dari sepeda.

BACA JUGA:Pertama Kalinya! PON Diselenggarakan di 2 Lokasi Aceh dan Sumut, Ini Alsasannya

“Dia (Jendral M Jusuf) bilang, ah, marah karena kalau orang lewat di depan rumahnya Raja Bone, itu harus turun dari sepeda. Dia marah kenapa harus begitu,” ujar JK.

Atas dasar itulah, lanjut JK, Jendral M Jusuf memilih melepaskan gelar Andi pada namanya.

“Kenapa dilepas (gelar) Andi-nya, orang sedang berburu (gelar) Andi, justru dilepaskan,” ucap JK dengan disambut tepuk tangan dan tawa hadirin.

Jendral M Jusuf melepaskan gelar kebangsawanannya itu, cerita dari JK, bahkan diumumkan dengan secara terbuka. 

“Dia umumkan terbuka, mulai besok tidak boleh sebut (Andi) saya lagi,” JK yang saat itu masih remaja.

“Saya masih kecil-kecil, saya baca pakai iklan. Mulai besok tanggal sebegini, nama saya Muhammad Jusuf titik,” ucap JK.

Selain itu di mata JK, Jendral M Jusuf juga dikenal sebagai tokoh militer yang ‘Macca’ (cerdas).

Dalam bidangnya, Jendral M Jusuf tersebut memilih pangkat tertinggi. Jendral M Jusuf selalu berbicara tentang nilai, kejujuran, keberanian, dan ilmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: