Potensi Perikanan Lampung Utara Masuk 3 Besar

Potensi Perikanan Lampung Utara Masuk 3 Besar

Foto: Perikanan Lampung Utara Masuk 3 Besar--

RADAR TV - Kabupaten Lampung Utara (Lampura), tercatat masuk dalam 3 besar penghasil ikan di Provinsi Lampung. Untuk itu, pemerintah daerah berupaya mendorong sektor yang saat ini banyak digeluti masyarakat di sana. Sehingga memberi dampak, khususnya bagi peningkatan perekonomian warga, Minggu 1 September 2024.

"Tentunya ini dapat berdampak positif, kalau ditingkatkan. Seperti perekonomian masyarakat, penyediaan lapangan kerja serta luas lainnya disini," ujar Pj. Bupati Lampura, Aswarodi dalam kesempatan mengunjungi petani ikan air tawar di Kecamatan Abung Tinggi.

Aswarodi menjelaskan, bahwasanya persoalan yang sering dihadapi petani ikan adalah soal penjualan atau perlakuan lain, pasca panen yang melimpah dilaksanakan ditingkat petani ikan. Sebab, kata dia, selama ini mereka merasa kurang dalam hal itu. Sehingga berharap pemerintah dapat mendorong, dalam meningkatkan usaha dilaksanakan oleh masyarakat di daerah tersebut.

"Pemerintah daerah terus berkomitmen, untuk memfasilitasi aspirasi masyarakat. Khususnya berkecimpung di usaha budi daya ikan air tawar ini, terutama masalah penjualan yang dinilai masih menjadi kendalanya," terangnya.

BACA JUGA: Paslon Pilgub Lampung RMD - Jihan Nurlela Selesaikan Pemeriksaan Kesehatan dengan Lancar di RSUDAM

Disisi lain, Kepala Dinas (Kadis) Perikanan Lampura, Sanny Lumi menambahkan, produksi ikan air tawar Lampura masuk kategori sentra di Provinsi Lampung. Bagaimana tidak, setiap kali panen hasilnya dapat mencapai ribuan ton setiap bulannya.

"Dari data ini, kita akan berupaya mendatangkan pengusaha dari luar yang mampu menampung hasil produksi ikan dengan hasil melimpah para petani ini," sebut mantan Kadis Kominfo Lampura itu.

Pihaknya berharap, kedepan akan menjadi inspirasi pengusaha guna meningkatkan hasil produksi maupun turunannya di sana. Sebab, sebagai penghasil ikan masih membutuhkan dorongan dari pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten Lampura.

"Mudah mudahan pengusaha-pengusaha diluar daerah tertarik dan mau menampung hasil produksi ikan. Itu karena, Kabupaten Lampura masuk urutan nomor 3 penghasil ikan terbesar di Lampung," terangnya.

BACA JUGA:Komisi Yudisial Tanggapi Penolakan Komisi III DPR RI Terhadap Calon Hakim Agung dan Calon Hakim Ad Hoc HAM

Seperti di Kecamatan Abung Tinggi, Abung Barat dan Tanjung Raja, misalnya, mereka para pengusaha dan petani ikan dapat menghasilkan 600 ribu ton/ bulannya yang saat ini masih kesulitan dalam hal pemasaran.

"Petani kita masih kesulitan dalam hal itu (pemasaran, Red), dan pemerintah daerah tidak berdiam diri namun akan terus untuk mencarikan solusinya," jelasnya.

Hal ini sesuai dengan pernyataan Pj. Bupati Lampura, bapak Aswarodi di berbagai lawatannya berkunjung ke sentra ikan air tawar di beberapa kecamatan yang ada

diwilayah Lampura ini. Menurutnya, tak kalah penting ialah meningkatkan nilai ekonomi dari produk - produk dihasilkan masyarakat khususnya bergerak di sektor perikanan air tawar di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: