Ardian Saputra vs Hamartoni Ahadis, Duel Sengit di Puncak Elektabilitas

Ardian Saputra vs Hamartoni Ahadis, Duel Sengit di Puncak Elektabilitas

Persaingan Panas Pilkada Lampung Utara 2024-google-

RADAR TV - Pilkada Lampung Utara 2024 dengan tiga kandidat, Ardian Saputra, Hamartoni Ahadis, dan Mikhdar Ilyas bakal jadi salah satu kontestasi pemilihan terpanas di Lampung.

Menggunakan simulasi tertutup, data survei Departemen Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Radar Lampung Media Grup (RLMG) bersama Disway Research and Development (DRD) Jakarta menggambarkan sengitnya persaingan elektabilitas ketiga kandidat. 

Survei ini menggunakan metode simple random sampling dengan toleransi kesalahan atau margin of error (MoE) +/- 3,00 % pada tingkat kepercayaan 90%. Pengambilan data survei dilaksanakan pada 11 Agustus – 17 Agustus 2024. 

Jumlah sampel dalam survei ini adalah 755 responden, populasi diambil dari 479.467 jiwa data mata pilih Pemilu 2024 pada 23 kecamatan di Kabupaten Lampung Utara

BACA JUGA:Maju Pilkada Way Kanan, Ayu Asalasiyah Senang Bisa Langsung Menyapa Warga

Metode pengumpulan data adalah responden terpilih diwawancara menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih dari jaringan RLMG.

Ardian Saputra, calon dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat, saat ini hanya unggul tipis diangka 40,40%. Di belakangnya, Hamartoni Ahadis, yang diusung koalisi Partai Gerindra, NasDem, PDI Perjuangan, dan Partai Amanat Nasional (PAN), menempel ketat diangka 39,74%. 

Sementara, Mikhdar Ilyas, mendapatkan 3,71%. Sedangkan pemilih yang belum menentukan pilihan 12,45%, dan hanya 3,70% memilih untuk tidak mencantumkan pilihan. 

Untuk sebaran dukungan politik, ketiga kandidat ini menunjukkan basis persaingan yang sangat rapat. Ardian Saputra menguasai 10 kecamatan, sementara Hamartoni Ahadis memimpin di 13 kecamatan. 

BACA JUGA:PDIP Lanjut Beri Rekom Calon Kada: Ada Nama Hamartoni – Romli, Fauzi - Laras, Wahdi – Qom dan Ardito - Komang

Mikhdar Ilyas memiliki dukungan yang merata di berbagai kecamatan, namun tidak dominan di area mana pun.

Keberhasilan Ardian dan Hamartoni dalam menguasai banyak kecamatan menunjukkan betapa ketatnya persaingan antara keduanya. Setiap kecamatan menjadi medan pertempuran yang penting.

Dengan 12,45% pemilih yang belum memutuskan pilihan, ada peluang bagi ketiga kandidat untuk mengubah arah dukungan melalui strategi kampanye yang efektif. 

Infografis Tingkat Elektabilitas Balonbup Lampura 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: