Pemprov Lampung Perisapan Pengelola Pasar UMKM

Pemprov Lampung Perisapan Pengelola Pasar UMKM

Suasana area dalam Pasar UMKM di PKOR Way Halim saat ini.---Foto : Prima Imansyah Permana.---

RADAR TV - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung saat ini tengah mempersiapkan pengelolah Pasar UMKM di PKOR Way Halim.

Kepala Dinas Koprasi dan UKM Lampung, Samsurijal mengatakan, Pasar UMKM di PKOR Way Halim direncanakan akan dikelola oleh BUMD PT Wahana Raharja.

Pengelolaan Pasar UMKM tidak di lakukan oleh pemerintah daerah (pemda). Tapi oleh BUMD agar diharapkan dapat dikelolah dengan propesional.

Kata Samsurijal, pihaknya bersama tim telah melakukan rapat dua kali terkait persiapan pengelolaan Pasar UMKM di PKOR Way Halim.

"Kemarin sudah diadakan rapat kordinasi dengan tim, tanggal 29 Juli 2024 lalu terkait pengelolaan Pasar UMKM," ujar Samsurijal kepada Radarlampung.co.id.

Saat ini, disampaikan Samsurijal BUMD PT Wahana Raharja tengah membuat bisnis plan dan perencanaan program terkait pengelolaan Pasar UMKM.

"Nanti setelah selesai membuat bisnis plan dan perencanaan program, baru mereka presentasi," ucapnya.

Disinggung terkait tidak adanya pelaku UMKM di Pasar UMKM saat ini, Samsurijal menyampaikan bahwa pihaknya telah melakukan kurasi terhadap pelaku UMKM.

Nanti akan disampaikan pelaku-pelaku UMKM yang telah di kurasi oleh pemerintah kabupaten/kota, provinsi, dan BUMN ketika sudah ditentukan pengelolanya.

"Yang akan nempati sudah dikurasi. Saat peresmian itu untuk UMKM kabupaten/kota sudah terkuras, mereka itu nanti sebagai yang di perioritaskan untuk mengisi," tuturnya.

"Yang sudah terkurasi ini akan kita sampaikan ketika sudah ada pengelolaanya. Sebagai informasi bahwa sudah ada UMKM kuliner, wastra, kopi, dan lainnya," sambungnya.

Diketahui, Pemprov Lampung saat ini memiliki bangunan Pasar UMKM yang megah di komplek PKOR Way Halim.

Pasar UMKM tersebut merupakan Corporate Social Responsibility (CSR) senilai Rp 9 miliar dari 14 BUMN yang dikoordinatori oleh Bank Rakyat Indonesia (BRI).

Pasar UMKM dibangun diatas tanah seluas 4.856 meter persegi dengan luas bangunannya 1.130 meter persegi dua lantai yang mulai dikerjakan pada Agustus 2023 lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: