Air Terjun Anglo: Pesona Alam Eksotik di Pesawaran

Air Terjun Anglo: Pesona Alam Eksotik di Pesawaran

Air Terjun Anglo Pesawaran Desa Peninggalan Zaman Kolonial Belanda--

RADAR TV - Pernah Raih 500 besar Desa wisata terbaik pada  Anugerah Desa Wisata Indonesia (Adwi) pada tahun 2022, menjadikan kawasan wisata Air Terjun Anglo di Kabupaten Pesawaran, Lampung sebagai lokasi tujuan liburan. Air Terjun Anglo berada di Dusun (Padukuhan) Kaliawi, Desa Gunungrejo, Kecamatan Way Ratai, Kabupaten Pesawaran.

Anda bisa menempuh perjalanan ke Air terjun Anglo ini dengan berjalan kaki, kendaraan roda dua maupun  roda empat. Tepatnya, 33 km dari pusat pemerintahan kabupaten Pesawaran yakni Gedong Tataan, dari arah barat laut. Atau hanya memakan waktu lebih 30 menit dari Pasar Kedondong Pesawaran mencapai lokasi Air terjun anglo.

Air Terjun Anglo disingkat Arter Anglo ini berada di Pegunungan Rejo Pesawaran ini ternyata dulunya desa Anglo juga merupakan desa peninggalan zaman Kolonial Belanda. Dan baru dibuka secara umum sejak akhir tahun 2016 yang lalu. Arter Anglo dikelola oleh Karang Taruna Dusun Kaliawi Desa Gunung Rejo Kabupaten Pesawaran dan Badan Usaha Milik (BUMDES) setempat.

Saat ini, Desa Anglo juga menjadi salah satu desa yang menjadi lokasi tujuan liburan wisatawan. Bahkan, kawasan desa Arter Anglo ini pernah masuk 500 besar desa wisata terbaik pada Adwi pada tahun 2022 tentunya pesona alam yang menakjubkan salah satu indikatornya.

Anda bisa mengunjungi air terjun anglo ini pada 08.00 wib hingga 17.00 wib. Harga tiket masuk sebesar 10 ribu hingga 70 ribu untuk memasuki kawasan wisata pesawaran ini. Pemandangan indah dengan berbagai pepohonan di pinggir jalan dan cuaca dingin sangat terasa ketika menggunakan sepeda motor untuk mencapai lokasi air terjun itu.

Bagi yang menggunakan sepeda motor maka akan membayar tiket memasuki sebesar Rp 10 ribu dan mobil sebesar Rp 25 ribu. Cocok banget bagi penggemar fotografi hingga explore alam karena banyak spot foto keren dan lokasi air terjun anglo yang begitu mempesona. Pepohonan yang asri dan rindang disekitaran air terjun anglo membuat tubuh dan pikiran kita menjadi segar dan rileks ketika berada di kawasan wisata air terjun ini. Memiliki lahan parkir yang luas serta pedagang tradisional sebagai jajanan yang harganya masih terbilang murah. Namun, rasanya masih khas racikan bumbu tradisional diracik secara manual.

Dilengkapi, fasilitas  ruang ganti, kamar mandi dan WC. Bahkan, ada mushola permanen bisa dimanfaatkan untuk pengunjung untuk shalat. Terdapat bermacam tanaman hijau, pepohonan yang rindang (alami), keindahan alam pegunungan. Bahkan,  jika beruntung anda akan mendapatkan pelangi pada pagi hari. Sungguh pesona alam eksotik. Air terjun anglo memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 30 meter dengan dikelilingi rerumputan. Di kawasan air terjun anglo juga terdapat jembatan bambu, dan goa yang dinamakan masyarakat setempat goa landak. 

Bahkan, Air terjun anglo juga digunakan oleh masyarakat desa sekitar sebagai pemanfaatan keperluan air bersih. Dan, pengelola Air terjun anglo konsisten untuk menjaga kebersihan dengan cara tidak memperbolehkan pedagang kaki lima untuk berjualan di lingkungan wisata hanya perbolehkan untuk berdagang saat berada di perbatasan pintu masuk arter anglo.

Itulah, seulas mengenai air terjun anglo di kabupaten pesawaran. Bisa banget jadi alternatif liburan akhir pekan anda bersama keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: