Hasil Pengukuran Kinerja Jadi Bahan Incumbent Susun Strategi dan Taktik

Hasil Pengukuran Kinerja Jadi Bahan Incumbent Susun Strategi dan Taktik

Hasil pengukuran tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Bupati Lampung Selatan-kirka.co-

RADAR TV - Hasil pengukuran tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Bupati Lampung Selatan (Lamsel) Nanang Ermanto secara umum didapat angka kepuasan 67 persen dan 33 persen kurang puas.

Itu berdasarkan hasil survey Disway Riset and Development Jakarta bekerjasama dengan Departemen Riset, Penelitian, dan Pengembangan Radar Lampung Media Group.

Ada empat tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Bupati Lamsel Nanang Ermanto, yaitu Infrastruktur Jalan, Administrasi Kependudukan, Kesehatan, dan Pendidikan. Dari keempat tingkat kepuasan yang diukur, infrastruktur menjadi sorotan karena 35 persen responden kurang puas dan 18 persen sangat tidak puas. Sedangkan responden yang memilih puas ada 30 persen dan sangat puas ada 18 persen responden.

Terkait angka kepuasan publik terhadap kinerja Bupati Lamsel Nanang Ermanto 67 persen, Akademi Universitas Lampung (Unila) Dedy Hermawan menilai masih cukup baik. Tetapi dengan angka tersebut, Dedy Hermawan belum cukup aman untuk menghangatkan seorang incumbent memenangkan pilkada serentak pada November 2024 mendatang.

"Hasil 67 persen tersebut masih relatif cukup baik, namun belum aman untuk menghantarkan seorang incumbent menjadi pemenang pilkada dengan mudah," ujar Dedy Hermawan kepada Radar TV Kamis 1 Agustus 2024.

Angka hasil pengukuran tingkat kepuasan kinerja Bupati Lamsel tersebut memberikan semangat kepada calon lain untuk siap bertanding dengan incumbent. Sebab, calon lain berpotensi untuk mengalahkan incumbent.

Dedy Hermawan meminta, hasil survei ini menjadi input bagi incumbent dalam menyusun strategi dan taktik pemerintahan pada pilkada serentak mendatang.

"Hasil survei ini menjadi input bagi incumbent dalam menyusun strategi dan taktik pemenangan di pilkada tahun ini," ucapnya.

Begitu juga terkait tingkat kepuasan terhadap kinerja pembangunan infrastruktur jalan, Dedy Hermawan menilai infrastruktur jalan menjadi masalah utama disetiap kabupaten/kota.

"Ya masalah infrastruktur jalan memang menjadi masalah utama yang dihadapi semua kabupaten se Lampung," ungkapnya.

Lanjut Dedy Hermawan, dari data nasional juga memperlihatkan hal yang sama, bahwa jumlah jalan rusak terbanyak ada di jalan kabupaten. Sehingga, sektor infrastruktur jalan ini perlu menjadi prioritas untuk diperbaiki dan ini aspirasi terbesar dari masyarakat. Tidak hanya itu, menurut Dedy Hermawan, permasalahan infrastruktur jalan juga biasa menjadi jualan para calon kepala daerah saat kampanye.

"Ini biasanya jadi jualan para calon kepala daerah saat kampanye. Namun, masalah infrastruktur ini terkendala keterbatasan anggaran," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Lamsel Nanang Ermanto blak-blakan terkait sejumlah permasalahan yang terjadi di wilayah setempat. Nanang Ermanto mengaku tujuannya bekerja adalah menyelesaikan permasalahan yang ada.

’’Kalau menuruti kepuasan, kita hidup tidak ada puasnya. Tetapi saat ini riil masyarakat yang menilai apa yang kami lakukan," ujar Nanang saat menjadi narasumber dalam dialog Halo Lampung yang dihelat Radar Lampung TV – salah satu jaringan Radar Lampung Media Group (RLMG), Rabu 31 Juli 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: