Pemkab Tanggamus Canangkan PIN Polio

Pemkab Tanggamus Canangkan PIN Polio

Pekan Imunisasi Nasional Kab.Tanggamus--

RADARTV - Penjabat bupati (Pj) Mulyadi Irsan mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio di Kabupaten Tanggamus, di Pekon Argomulyo, Kecamatan Sumberejo, Selasa 23 Juli 2024.

Akan hadir diantaranya Kepala Dinas Kesehatan Taufik Hidayat, Ketua TP PKK drg. Hellen Veranica, Ketua Dharma wanita Persatuan Ny. Lindika Suaidi, Kepala Diskominfo Suhartono, Kepala Dinas Pendidikan Yadi Mulyadi, Kepala Dinas PPPA Dalduk Dan KB Aan Derajat, Camat Sumberejo, Kepala Pekon serta sejumlah pejabat lainnya.

Pj Bupati Mulyadi Irsan mengatakan, penyakit Polio merupakan penyakit yang mudah menular disebabkan oleh virus poliomyelitis, dan ditularkan melalui air dan makanan yang terkontaminasi oleh virus tersebut.

Penyakit Polio sangat berbahaya dan dapat menyebabkan lumpuh seumur hidup. 

Polio ini sangat berpotensi menjadi wabah apabila cakupan imunisasi rendah, dan kekebalan kelompok pada anak anak tidak terbentuk. ”Seseorang dapat memiliki kekebalan jika telah di imunisasi polio,” kata Mulyadi Irsan. Pekan Imunisasi Nasional Polio dengan sasaran anak usia 0 - 7 tahun, merupakan Program Nasional dilakukan dengan mempertimbangkan adanya KLB  penyakit Polio pada 7 Provinsi yaitu Provinsi Aceh, Jawa Barat, Jawa tengah, Jawa Timur, Papua Tengah, Papua Pegunungan dan Papua Selatan.  Sehingga untuk mencegah agar KLB tidak menyebar ke provinsi lainnya maka pemerintah melakukan pemberian imunisasi secara massif melalui kegiatan PIN Polio dengan cakupan tinggi dan merata untuk memutus transmisi virus polio di Indonesia termasuk di Kabupaten Tanggamus.

”Pelaksanaannya dimulai pada hari ini, dan akan dilakukan imunisasi polio di seluruh Posyandu dan sekolah – sekolah seperti PAUD, TK, SD/MI/sederajat,” jelas dia. Pelaksanaan PIN Polio ini tentunya tidak akan berhasil apabila hanya dilakukan oleh Dinas Kesehatan dan Jajarannya saja. 

Oleh karena itu saya menghimbau dan berharap dukungan dan peran serta aktif lintas sektor, tokoh masyarakat, tokoh agama dan kita semua yang berkumpul pada hari ini. Peran yang dapat kita laksanakan dapat berupa sosialisasi dan mobilisasi sasaran maupun aktif terlibat dalam pelaksanaannya. 

”Kita berharap pelaksanaan Pekan Imunisasai Nasional Polio di Kabupaten Tanggamus berjalan dengan baik, kondusif dengan target minimal 95% yang ditetapkan oleh kementerian kesehatan dapat tercapai, pungkasnya,” jelas Kepala Bappeda Lampung ini.

Sementara itu, Kepala Dinas kesehatan Kabupaten Tanggamus Taufik Hidayat dalam laporannya mengatakan, sasaran pelaksanaan  PIN Polio adalah anak usia 0-7 Tahun.  ”Sasaran PIN Kabupaten Tanggamus berdasarkan estimasi sasaran dari Kementerian Kesehatan berjumlah 91.260 anak,” jelas dia.  Waktu pelayanan PIN Polio dilaksanakan secara serentak  di mulai hari ini 23 Juli 2024 pelaksanaannya 2 kali dengan interval minimal 2 pekan.

Berikut Tempat Pelayanan PIN Polio;

Posyandu : 695  

PAUD : 344 

TK : 134 

SD : 444 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: