Recaka Musik Lampung, Upaya Menghidupkan Kembali Warisan Budaya di Lampung

Recaka Musik Lampung, Upaya Menghidupkan Kembali Warisan Budaya di Lampung

RECAKA MUSIK FESTIVAL -panpel-

RADARTV – Perhelatan Festival Musik Tradisi Indonesia 2024 bertajuk Recaka Musik Lampung di PKOR Bandar Lampung resmi dibuka akhir pekan lalu. 

Festival ini dirancang untuk membuka ruang bagi musik tradisional agar kembali hadir di tengah masyarakat. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan, Fitrah Arda menekankan pentingnya pelestarian musik tradisional dalam upaya memajukan kebudayaan Indonesia. 

"Kita tidak hanya sekedar bangga dengan kebudayaan masa lalu, tapi harus kita gunakan untuk masa kini dan masa depan," Fitrah Arda. 

Selain pertunjukan musik tradisional, dalam festival juga digelar seminar membahas cara menghidupkan kembali dan menarasikan musik tradisional.

"Musik itu hadir dari hubungan sosial di masyarakat. Hilangnya hubungan sosial maka hilang juga musik tradisi itu sendiri. Ini adalah langkah kita untuk menghidupkan kembali minat akan musik tradisi di Lampung," jelas Fitrah Arda.

Disampaikannya, Lampung dipilih sebagai lokasi awal festival ini karena kekayaan budayanya dan posisinya yang strategis. 

"Festival kali ini kita mulai dari Sai Bumi Ruwa Jurai sebelum nantinya kita lanjutkan di beberapa daerah di Indonesia," ujar dia.

Selanjutnya, Penjabat Gubernur Lampung, Samsudin, juga menyampaikan dukungannya terhadap festival ini. 

Menurutnya, musik tradisi adalah warisan pengetahuan yang sangat berharga yang tidak hanya relevan bagi masa lalu tetapi juga penting untuk dipelajari dan dipertahankan oleh generasi muda saat ini. 

Ditekankan pentingnya upaya menjaga keberlanjutan musik tradisional sebagai investasi dalam kekayaan budaya bangsa yang tidak ternilai harganya.

"Dengan adanya festival dan lomba-lomba, budaya itu akan terus hidup dan tumbuh dengan baik, serta mendatangkan masyarakat dari berbagai daerah yang pada akhirnya akan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal," jelas Samsudin.

Dengan diadakannya festival ini, diharapkan seluruh elemen masyarakat, terutama generasi muda, dapat terus melestarikan musik tradisional dan membangun ekosistem yang mendukung keberlanjutan budaya ini. 

"Anak-anak muda merupakan penerus bagi generasi-generasi kita semua," pungkas Pj Gubernur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: