Ada Pesan Kepala Kemenag Lampung Saat Kloter Terakhir JCH Lampung Berangkat, Sejumlah Tokoh Ikut Terbang

Ada Pesan Kepala Kemenag Lampung Saat Kloter Terakhir JCH Lampung Berangkat, Sejumlah Tokoh Ikut Terbang

Peserta Jemaah Calon Haji kloter 063 atau kloter terakhir asal Lampung berangkat, Sabtu, 8 Juni 2024.-Foto : Melida Rohita-

RADAR TV - Peserta Jemaah Calon Haji (JCH) kloter 063 atau kloter terakhir asal Lampung berangkat, Sabtu, 8 Juni 2024.

Sejumlah tokoh masuk dalam daftar JCH Lampung pada kloter 063 atau kloter terakhir haji asal Lampung tersebut.

Sebut saja Mantan Rektor IIB Darmajaya Dr. Firmansyah bersama istri hingga Sekda Kota Bandar Lampung Iwan Gunawan.

Keberangkatan kloter terakhir JCH Lampung ini dilepas oleh Asisten I bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Lampung Qodratul Ikhwan dan Kepala Kanwil Kemenag Lampung Puji Raharjo, di Asrama Haji Lampung, Sabtu pagi.

“Jemaah yang sudah diberangkatkan 7.276 orang dalam 19 kloter, 10 kloter di gelombang pertama dan 9 kloter di gelombang kedua,” ujar Puji.

Menurutnya, Jemaah calon haji Lampung berangkat secara bertahap mulai 11 Mei – 8 Juni 2024 dari Asrama Haji Provinsi Lampung dengan total 7.276 jemaah.

"Ahamdulillah hari ini sudah berjalan lancar semua, dari 7.276 jemaah dapat dirinci 3.383 pria dan 3.893 wanita. Banyakan wanita dibanding pria,” ujarnya.

Selama peberangkatan tersebut, Puji menyebut Ia  sedikitnya ada 25 orang calon haji yang tertunda keberangkatannya ke Tanah Suci karena meninggal dunia dan sakit.

“Batal tunda semuanya 25 orang. Tiga orang meninggal dunia sebelum masuk asrama haji, dan lima orang setelah masuk asrama, lainnya karena sakit dan ada yang mendampingi pasangan yang sakit,” ungkapnya.

Meski begitu para calon haji yang tertunda berangkat tahun ini akan diberangkatkan pada tahun berikutnya.“Bagi yang meninggal digantikan anggota keluarganya, batal tunda karena sakit atau alasan lain masih bisa tahun berikutnya, untuk mengisi kuota kloter, jemaah calon haji Lampung yang tertunda keberangkatannya digantikan dari Provinsi Banten," terang Puji.

Puji juga menyebut proses ibadah saat di Makkah saat ini tengah berada pada puncaknya, atau para jemaah sedang menuju Armuzna (Arafah, Muzdalifah, Mina) menjadi lokasi puncak pelaksanaan ibadah haji.

“Saat ini sudah ada di Makkah dan menuju puncak Armuzna,” kata Puji.

Pada  ketiga tempat ini, jemaah haji dari berbagai penjuru dunia melakukan rangkaian ibadah seperti wukuf, mabit, hingga lempar jumrah.

Nah, pada fase ibadah ini Puji Raharjo memberi saran agar  jemaah calon haji Lampung bisa menjaga kesehatan selama di Tanah Suci dengan tidak banyak beraktivitas keluar hotel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: