Berikut Shalat Sunnah Yang Memiliki Ganjaran Pahala dan Manfaat Luar Biasa

 Berikut Shalat Sunnah Yang Memiliki Ganjaran Pahala dan Manfaat Luar Biasa

shalat sunnah-by freepik.com-

RADAR TV - Siapa nih yang ingin mendapatkan ganjaran pahala yang besar? Diperlukan istiqomah dan keikhlasan dalam melakukannya karena bukan merupakan sesuatu yang wajib melainkan sunnah. Kebanyakan orang hanya melakukan amalan yang wajib dilakukan saja, padahal melakukan amalan yang sunnah juga akan melipatgandakan pahala yang didapatkan. Amalan yang bisa dilakukan adalah shalat sunnah yang selain mendapatkan pahala luar biasa kita juga akan mendapatkan manfaat positif ketika melakukannya. 

Nah, keutamaan dan manfaat dari melakukan shalat sunnah banyak sekali loh, seperti menutupi kekurangan shalat fardhu, menggugurkan dosa, doa akan lebih mustajab, dan lain sebagainya. Semoga dengan mengetahui keutamaan dan manfaat melakukan shalat sunnah kita akan lebih semangat dan istiqomah.

Untuk penjelasan lengkapnya simak yuk penjelasan berikut : 

1. Shalat Tahajud

Shalat tahajud merupakan salah satu amalan shalat sunnah yang memiliki ganjaran pahala yang amat luar biasa. Shalat tahajud dilakukan pada sepertiga malam dan anjuran melakukan shalat tahajud ini terdapat dalam Al Quran surah Al Isra ayat 79 yang berbunyi : 

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا

Artinya : “ Pada sebagian malam lakukanlah shalat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji”

Rasulullah SAW juga bersabda "Kerjakanlah sholat malam, karena sholat malam itu kebiasaan orang-orang yang shaleh sebelum kamu dahulu, juga suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, juga sebagai penebus pada segala kejahatan (dosa) mencegah dosa serta dapat menghindarkan penyakit dari badan." (HR Imam Tirmidzi & Ahmad)

Selain itu, manfaat shalat tahajud lainnya adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT karena seseorang yang dekat kepada Allah SWT akan merasakan ketenangan jiwa dan pikiran, kemudian shalat tahajud menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa. 

2. Shalat Dhuha

Selanjutnya shalat sunnah yang memiliki amalan pahala luar biasa adalah Shalat Dhuha. Shalat sunnah ini dilakukan saat setelah matahari terbit sampai menjelang waktu dzuhur sekitar pada pukul 07.00 -11.00 WIB. Banyak sekali manfaat shalat dhuha bagi siapapun yang melakukannya salah satunya sebagai pembuka pintu rezeki. Tidak hanya itu, Rasulullah SAW juga menganjurkan untuk melakukan shalat dhuha sebelum beraktivitas. 

Bahkan barangsiapa yang melakukan shalat dhuha akan dibangunkan rumah di surga sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Shahih al Jami yang berbunyi : "Barang siapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga”. 

Melakukan shalat dhuha juga dapat dikatakan bersedekah. Gimana ya maksudnya? Maksudnya adalah pahala bagi setiap muslim yang melakukan shalat dhuha setara dengan melakukan sedekah dari 360 persendian di badan. 

3. Shalat Qabliyah Subuh 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: