Golongan Orang Yang Dipastikan Masuk Neraka Menurut Al-Quran dan Hadis

Golongan Orang Yang Dipastikan Masuk Neraka Menurut Al-Quran dan Hadis

api neraka-by freepik.com-

RADAR TV - Setiap umat muslim pasti selalu menginginkan surganya Allah SWT dan tidak ingin masuk ke neraka karena dahsyatnya siksaan yang diberikan Allah SWT kepada hambanya yang tidak taat dan bertakwa.

Siksa neraka ini benar adanya dan begitu dahsyat dan sudah banyak yang digambarkan dalam Al-Quran seperti salah satunya yang dijelaskan pada Al-Quran surah Annisa ayat 56 yang berbunyi : 

اِنَّ الَّذِيْنَ كَفَرُوْا بِاٰيٰتِنَا سَوْفَ نُصْلِيْهِمْ نَارًاۗ كُلَّمَا نَضِجَتْ جُلُوْدُهُمْ بَدَّلْنٰهُمْ جُلُوْدًا غَيْرَهَا لِيَذُوْقُوا الْعَذَابَۗ اِنَّ اللّٰهَ كَانَ عَزِيْزًا حَكِيْمًا

Artinya : "Sesungguhnya orang-orang yang kufur pada ayat-ayat kami kelak akan kami masukkan ke dalam neraka. Setiap kali kulit mereka hangus, kami ganti dengan kulit yang lain agar mereka merasakan (kepedihan) azab. Sesungguhnya Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (An-Nisa: 56).

Sungguh pedih sekali azab dan siksa api neraka, tidak ada sedikitpun kenikmatan didalamnya melainkan penuh kesengsaraan, kepedihan, dan siksaan. Tidak ada pengadilan sama sekali, Allah SWT akan membalas kejahatan sekecil apapun, kobaran api neraka menjadi hukuman paling berat bagi setiap hamba yang tidak bertakwa kepada Allah SWT.

Namun, kira-kira siapa saja golongan yang kelak dipastikan masuk neraka? Hal ini sudah banyak dijelaskan dalam Al Quran dan hadis. Berikut rangkumannya : 

1. Orang Yang Sombong

Seseorang yang selalu merasa dirinya hebat dan melebihi orang lain, selalu merasa benar akan dijauhkan dari surganya Allah SWT. Sifat sombong sangat dekat dengan sifat buruk lainnya seperti iri, dengki, dan dendam. Hal ini juga terdapat dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam Shahih Muslim Juz 1. 

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ 

Artinya : “Tidak akan masuk surga seseorang yang di hatinya terdapat seberat biji kesombongan”. 

2. Orang Yang Menjauhi Ajaran-Nya

Orang-orang yang menjauhi ajaran Allah SWT kelak dipastikan akan merasakan kejamnya siksaan api neraka Jahannam. Mengikuti segala ajaran dan perintah Allah SWT menandakan seseorang bertakwa dan beriman. Sebaliknya, seseorang yang menjauh bahkan lupa ajaran Allah SWT kelak akan mendapatkan balasan yaitu ditempatkan di neraka Jahannam. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran surah Ar Ra’d ayat 18 : 

لِلَّذِيْنَ اسْتَجَابُوْا لِرَبِّهِمُ الْحُسْنٰىۗ وَالَّذِيْنَ لَمْ يَسْتَجِيْبُوْا لَهٗ لَوْ اَنَّ لَهُمْ مَّا فِى الْاَرْضِ جَمِيْعًا وَّمِثْلَهٗ مَعَهٗلَافْتَدَوْا بِهٖ ۗ اُولٰۤىِٕكَ لَهُمْ سُوْۤءُ الْحِسَابِ ەۙ وَمَأْوٰىهُمْ جَهَنَّمُ ۗوَبِئْسَ الْمِهَادُ ࣖ

Artinya : “Bagi orang-orang yang memenuhi seruan Tuhannya (taat kepada Allah dan Rasul-Nya, disediakan) balasan yang terbaik (surga). (Sebaliknya, bagi) orang-orang yang tidak memenuhi seruan-Nya, sekiranya mereka memiliki semua yang ada di bumi dan (ditambah) sebanyak itu lagi, niscaya mereka akan menebus dirinya (dari azab Allah pada hari Kiamat) dengan (hartanya) itu. Mereka itulah orang-orang yang akan mendapatkan hisab (perhitungan) yang buruk, tempat kediamannya adalah (neraka) Jahanam, dan itulah seburuk-buruknya tempat kediaman."

3. Orang Musyrik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: