Golongan Orang-Orang Yang Dijamin Masuk Surga Menurut Al Quran dan Hadis

Golongan Orang-Orang Yang Dijamin Masuk Surga Menurut  Al Quran dan Hadis

jalan menuju surga-by freepik.com-

RADAR TV - Surga menjadi tempat yang paling didambakan oleh umat muslim setelah kematian. Bahkan visualisasi surga sering dikaitkan dengan tempat yang indah, nyaman, dan penuh kenikmatan.

Sebagai tempat yang kekal untuk golongan orang-orang beriman, surga memiliki berbagai macam tingkatan yang disesuaikan dengan amal ibadah seseorang ketika di dunia. Allah SWT memberikan janji surga bagi setiap orang yang menjalankan kehidupan dengan penuh kepatuhan dan keimanan. 

Lalu siapa aja ya golongan orang yang dijanjikan surganya Allah SWT? Terdapat 4 golongan yang dijanjikan mendapat surganya Allah SWT dan hal ini dijelaskan dalam surat Ali Imran ayat 95 yang berbunyi : 

 فَاسۡتَجَابَ لَهُمۡ رَبُّهُمۡ اَنِّىۡ لَاۤ اُضِيۡعُ عَمَلَ عَامِلٍ مِّنۡكُمۡ مِّنۡ ذَكَرٍ اَوۡ اُنۡثٰىۚ بَعۡضُكُمۡ مِّنۡۢ بَعۡضٍۚ فَالَّذِيۡنَ هَاجَرُوۡا وَاُخۡرِجُوۡا مِنۡ دِيَارِهِمۡ وَاُوۡذُوۡا فِىۡ سَبِيۡلِىۡ وَقٰتَلُوۡا وَقُتِلُوۡا لَاُكَفِّرَنَّ عَنۡهُمۡ سَيِّاٰتِهِمۡ وَلَاُدۡخِلَنَّهُمۡ جَنّٰتٍ تَجۡرِىۡ مِنۡ تَحۡتِهَا الۡاَنۡهٰرُۚ ثَوَابًا مِّنۡ عِنۡدِ اللّٰهِ ؕ وَ اللّٰهُ عِنۡدَهٗ حُسۡنُ الثَّوَابِ‏ ١٩٥

artinya : “Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman), "Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki maupun perempuan, (karena) sebagian kamu adalah (keturunan) dari sebagian yang lain. Maka orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang terbunuh, pasti akan Aku hapus kesalahan mereka dan pasti Aku masukkan mereka ke dalam surga-surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai, sebagai pahala dari Allah. Dan di sisi Allah ada pahala yang baik."

Berdasarkan surat Ali Imran tersebut berikut penjelasan lengkap 4 golongan yang dijanjikan surga yaitu orang yang berhijrah, lalu orang yang diusir dari kampung halamannya, seseorang yang tersakiti, yang berperang dan terbunuh ketika berjuang dijalan Allah SWT. 

Sedangkan pada hadis nabi yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas r.a terdapat sabda Rasulullah SAW yang berbunyi : “Surga merindukan 4 golongan yaitu orang yang membaca Al-Qur’an, seorang muslim yang mampu menjaga lisannya (ucapan) untuk tidak menyakiti orang lain, muslim yang memberi makan orang lapar, dan muslim yang melaksanakan puasa di bulan Ramadhan.” (H.R. Abu Daud dan Tirmidzi). Berikut penjelasannya:

1. Muslim Pembaca Al Quran 

Berdasarkan hadis di atas, golongan pertama yang dirindukan surganya Allah SWT adalah orang yang membaca Al Quran. Membaca kalamullah selalu menjadi hal yang mulia yang amalan pahalanya sangat besar. Tidak heran bagi seseorang yang rajin membaca Al Quran dirindukan oleh surganya Allah SWT. Disisi lain, membaca Al Quran juga dapat memberikan ketenangan dan ketentraman hati. Dengan demikian, mari kita jadikan aktivitas baca Al Quran menjadi rutinitas yang harus kita lakukan setiap hari. 

2. Muslim Yang Menjaga Lisannya

Lisan merupakan salah satu nikmat yang diberikan oleh Allah SWT yang menjadi indra yang dapat mengutarakan segala hal. Namun, kerap kali lisan menjadi boomerang bagi siapa saja yang tidak bisa mengontrolnya. Banyak dosa yang disebabkan karena tidak bisa menjaga lisan seperti ghibah, menggunjing, mengadu domba, dll. Dengan demikian orang-orang yang dapat menjaga lisannya mendapat pahala yang tak terkira dan dirindukan surganya Allah SWT. Semoga kita semua termasuk kedalam golongan orang yang dapat menjaga lisan dan ucapan. 

3. Muslim Yang Memberi Makan Orang Lapar

Golongan ketiga yang dirindukan oleh surganya Allah adalah muslim yang peduli kepada sesama. Termasuk muslim yang memberi makan orang yang lapar seperti hadis yang diriwayatkan oleh Tirmidzi, Rasulullah SAW bersabda  “Siapa pun mukmin memberikan makan mukmin yang kelaparan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya makanan dari buah-buahan surga. Siapa pun mukmin yang memberi minum mukmin yang kehausan, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya minum dari minuman surga. Siapapun mukmin yang memberikan pakaian mukmin lainnya supaya tidak telanjang, pada hari kiamat nanti Allah akan memberinya pakaian dari perhiasan surga.” (H.R. Tirmidzi). Tidak ada hal baik yang tidak diberi ganjaran pahala yang luar biasa oleh Allah SWT.

4. Muslim Yang Melaksanakan Puasa di Bulan Ramadhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://news.uad.ac.id/orang-orang-yang-dirindukan-surga/