DARA dan GARA Maskot Pilkada Lampung Timur Tahun 2024

DARA dan GARA Maskot Pilkada Lampung Timur Tahun 2024

DIRESMIKAN : Peluncuran maskot dan jingle menandai dimulainya tahapan Pilkada Lampung Timur 2024.-syamsudin bule-

RADARTV - Komisi Pemilihan Umum Lampung Timur, telah meluncurkan maskot dan jingle Pilkada Lampung Timur Tahun 2024.

Artinya, bersamaan dengan even itu turut diresmikan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Lampung Timur.

Dalam peluncuran di Lapangan Bandar Sribawono itu langsung dihadiri Ketua KPU dan Sekretaris KPU Provinsi Lampung, Ketua dan Komisioner KPU Lampung Timur, serta Komisioner KPU dari 15 Kabupaten/ Kota, juga Bawaslu setempat.

Turut hadir Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi, Ketua DPRD Lampung Timur Johan Arif, dan seluruh jajaran Forkopimda, Tokoh adat , Tokoh Pemuda, Tokoh Masyarakat di Bumei Tuwah Bepadan itu. 

Ketua KPU Lampung Timur Jarwo Asmoro menyatakan  selain meluncurkan maskot dan jingle Pilkada Lampung Timur Tahun 2024.

”Maskot Pilkada Lampung Timur tahun 2024 ini adalah  DARA dan GARA. Nama tersebut adalah Akronim dari baDAk demokRAsi dan GAjah DemokRAsi,” kata Jarwo.

Maskot tersebut terinspirasi dari dua satwa ciri khas Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang menjadi kebanggaan masyarakat Lampung, dan tentunya Indonesia. Pemilihan maskot ini melalui pertimbangan sangat matang dan penuh kehati – hatian. 

”Dua satwa ini dilindungi ini merupakan kebanggan warga Lampung Timur dan Indonesia pada umumnya,” tegas dia.

Jarwo menjelaskan Way Kambas, berdiri sejak tahun 1985 dan merupakan Taman Nasional tertua di Pulau Sumatera. Merupakan tempat Konservasi dan rumah besar perkembanganbiakan beberapa satwa dilindungi. ”Antara lain Badak dan Gajah. Semua bisa beranak pinak di sini,” terang Ketua KPU Lampung Timur itu.

DARA dan GARA memakai pakaian merah merona, ciri khas pakaian adat Sai Batin. Diketahui secara umum Masyarakat Lampung memiliki dua adat, yaitu Adat Sai Batin dan Adat Pepadun. Umumya masyarakat Sai Batin, menempati daerah pesisir Lampung, termasuk Kabupaten Lampung Timur.

Dia mengatakan, salah satu tujuan dari peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati adalah untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

”Dengan peluncuran tahapan pilkada serentak ini, maka saat ini kita sudah memasuki proses atau tahapan pelaksaan pilkada yang akan serentak digelar hari Rabu, 27 November 2024 mendatang," ungkapnya.

Selain momentum pemilihan bupati dan wakil bupati Lamtim. Di waktu sama, masyarakat akan melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: