Kalian Remaja Jompo? Simak Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Tulang Berikut Ini

Kalian Remaja Jompo? Simak Beberapa Cara Menjaga Kesehatan Tulang Berikut Ini

Kesehatan tulang-pinterest-

RADAR TV - Saat ini, ungkapan “remaja jompo” yang banyak diperbincangkan setiap orang merujuk pada generasi muda yang cenderung cepat lelah dalam beraktivitas. Hal ini membuktikan bahwa tidak hanya orang dewasa saja, remaja juga perlu mengetahui cara menjaga kesehatan tulang. Tulang adalah bagian penting dalam tubuh manusia, sehingga menjaga kesehatan tulang sangatlah penting. 

Tulang merupakan komponen utama  sistem rangka manusia. Seiring bertambahnya usia, kepadatan tulang bisa menurun. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kesehatan tulang sejak muda untuk menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya osteoporosis seiring bertambahnya usia. Lalu, kebiasaan gaya hidup sehat seperti apa yang Anda perlukan agar tulang tetap kuat?

Simak pembahasannya di bawah ini!

1. Rutin Berolahraga

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting untuk menunjang kesehatan tubuh termasuk tulang anda. Jarang berolahraga dapat melemahkan otot dan tulang Anda. Penelitian juga menunjukkan bahwa orang yang tidak rutin berolahraga lebih besar kemungkinannya terkena masalah tulang seperti osteoporosis.

Oleh karena itu, olahraga teratur merupakan salah satu cara menjaga kesehatan  dan kekuatan tulang. Lakukan minimal 150 menit (untuk olahraga ringan) per minggu, dibagi menjadi 5  sesi masing-masing 30 menit.

2. Perbanyak Asupan Vitamin D

Tubuh membutuhkan vitamin D untuk mendukung penyerapan kalsium, pembentukan tulang, dan perlindungan tulang. Anda bisa mencukupi kebutuhan vitamin D harian dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D, seperti Ikan salmon, sarden, minyak ikan, tuna, tiram, udang, kuning telur, jamur tiram dan sebagainya.

BACA JUGA:Ciri Penyakit Jantung Di Usia Muda

3. Berjemur di Pagi Hari 

Tidak hanya dari asupan makanan, vitamin D  tubuh juga bisa didapatkan dari sinar matahari. Sinar matahari pagi adalah sumber vitamin D yang baik untuk tubuh Anda karena  membantu menyerap kalsium.

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa Anda tidak kekurangan vitamin D, karena kekurangan kalsium pada tulang dapat menyebabkan hilangnya kalsium lebih banyak dan berkurangnya kepadatan tulang. Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, cobalah berjemur di bawah terik matahari  selama 20 hingga 25 menit pada pukul 9 pagi hingga jam 2 siang. Ulangi ini setidaknya 2-3 kali seminggu. 

4. Memenuhi Kebutuhan Kalsium Harian

Selain vitamin D, pastikan  asupan kalsium harian Anda tercukupi. Asupan kalsium yang tidak mencukupi dapat menurunkan kepadatan tulang bahkan  meningkatkan risiko  patah tulang. Kebutuhan kalsium harian ditentukan berdasarkan usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: