Tingkatkan Pelayanan, RS Urip Sumoharjo Launching Pelayanan Diagnosis Molekuler dan Genomik

Tingkatkan Pelayanan, RS Urip Sumoharjo Launching Pelayanan Diagnosis Molekuler dan Genomik

RS Urip Sumoharjo Launching pelayanan diagnosis molekuler dan genomik di barengi dengan Seminar Kesehatan-Foto : Ist-

RADAR TV – Rumah Sakit (RS) Urip Sumoharjo Launching pelayanan diagnosis molekuler dan genomik di barengi dengan seminar dengan tema "Pelayanan Molekuler dan genomik Untuk Peningkatan Efektifitas dan Efisiensi di Era genomik" di Gedung training center RS Urip sumoharjo, Sabtu, 18 mei 2024. 

Seminar tersebut menghadirkan pembicara di antaranya, dr.Andani Eka Putra M.SC dari Universitas Andalas , Prof.Dr Yeva Rosana,MS,Sp.MK dari universitas Indonesia , dr.Abi dokter obgyn RS urip dan dr. Sukarti dokter Onkologi Toraks RS.urip Sumoharjo.

dr. Rio Rimbo selaku Direktur RS Urip Sumoharjo mengatakan jika kegiatan hari ini merupakan bentuk komitmen RS Urip Sumoharjo dalam meningkatkan pelayanan seiring perkembangan teknologi saat ini.


RS Urip Sumoharjo Launching pelayanan diagnosis molekuler dan genomik di barengi dengan seminar Kesehatan -Foto : Ist-

"Dengan adanya layanan ini, kami berharap dapat memudahkan dokter dalam melakukan penanganan dimana pelayanan diagnosis molekuler dan genomik adalah semua pemeriksaan untuk mengetahui sesorang terkena virus tertentu atau tidak dan pasien mendapat pemeriksaan yang lebih mendalam dan akurat" jelas Direktur RS Urip Sumoharjo dr. Rio Rimbo.


RS Urip Sumoharjo Launching pelayanan diagnosis molekuler dan genomik , di Gedung training center RS Urip sumoharjo, Sabtu, 18 mei 2024. -Foto : Ist-

Kedepannya pihaknya berencana akan menambah fasilitas dan pelayanan pengobatan stereotaktik atau bedah syaraf, kedokteran nuklir dan radioterapi.

"Untuk itu kami mengharapkan dukungan dan doa dari bapak dan ibu sekalian yang hadir, dan semoga ALLAH memudahkan agar semuanya dapat segera terealisasi" terang dr.Rio.

Di tempat yang sama dr. Nancy, M.Kes selaku wakil direktur pelayanan medis dan Keperawatan RS urip Sumoharjo mengatakan "sebenarnya pemeriksaan layanan tersebut telah ada di RS urip sumoharjo sejak tajun 2020 salah satunya yaitu PCR Covid-19, namun baru di launching hari ini bersamaan dengan kegiatan seminar terkait dengan pengembangan layanan yang nantinya ada empat jenis pemeriksaan, yakni H.Pylori tes , HPV tes dan MRSA tes." terangnya .


RS Urip Sumoharjo Launching pelayanan diagnosis molekuler dan genomik di barengi dengan seminar Kesehatan -Foto : Ist-

Tak hanya itu nantinya RS Urip juga akan memiliki sejumlah pemeriksaan lain yang meliputi HBV DNA (hepatitis B), Pneumoplek viral (cek RSV, influenza A, Rino, Sars Cov2) Pneumoplek ( 9 bakteri banal dan 2 atipik), Toxoplasma test , CMV/citomegalovirus dan lain sebagainya.

dr. Andani Eka Putra sebagai salah satu pembicara seminar ilmiah asal Universitas Andalas menjelaskan bahwa dengan pelayanan diagnosis molekuler dan Genomik nantinya semua penyakit termasuk kangker bisa di diagnosis untuk mengetahui penyebab kumannya, yang biasanya bisa memakan waktu tiga sampai empat hari pemeriksaan sekarang bisa hanya tiga sampai empat jam dengan biaya yang lebih murah.


RS Urip Sumoharjo Launching pelayanan diagnosis molekuler dan genomik di barengi dengan seminar kesehatan-Foto : Ist-

"Selain itu tes molekuler menggunakan banyak teknik berbeda untuk mendeteksi dan memperkuat visibilitas molekul dalam sampel , sampel sendiri berasal dari air liur, darah atau biopsi" terangnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: