Mengenal Tokoh-Tokoh Dibalik Sumpah Pemuda, Dari Politikus, Dokter Hingga Jurnalis

Mengenal Tokoh-Tokoh Dibalik Sumpah Pemuda, Dari Politikus, Dokter Hingga Jurnalis

Tokoh-tokoh sumpah pemuda-kolase radar tv-

RADAR TV - Sumpah Pemuda adalah momentum penting dalam sejarah Indonesia yang terjadi pada 28 Oktober 1928 di Jakarta, di mana pemuda-pemuda Indonesia bersatu untuk menyatakan tekad persatuan dalam menghadapi penjajahan Belanda.

Untuk mengenangnya setiap tanggal 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda. Peringatan ini dilakukan untuk mengingat peristiwa penting dalam sejarah Indonesia, yaitu ikrar persatuan dari para pemuda yang menjadi cikal bakal semangat kesatuan bangsa.

Meskipun tidak ada tokoh tunggal yang secara langsung bertanggung jawab atas Sumpah Pemuda, ada beberapa tokoh penting yang terlibat dalam gerakan nasionalis yang mengarah pada peristiwa tersebut.

Ikrar sumpah pemuda, dilakukan sebagai gerakan pemuda di Indonesia yang berjuang melawan penjajah untuk kemerdekaan Indonesia. Golongan pemuda ini memberikan inspirasi dan motivasi bagi generasi pemuda Indonesia untuk terus berjuang demi kemajuan bangsa.

BACA JUGA:Deretan Tokoh-Tokoh Pergerakan pada Masa Perjuangan, Nomor 6 Guru Presiden Pertama

Rumusan Sumpah Pemuda sendiri lahir di tengah Kongres Pemuda II yang ditulis pada secarik kertas oleh Mohammad Yamin.

Nah, berikut ini adalah tokoh-tokoh gerakan pemuda Indonesia yang berhasil merumuskan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 di Jakarta.

1. Soegondo Djojopoespito

Soegondo Djojopoespito terpilih sebagai ketua yang memimpin jalannya Kongres Pemuda II. Penunjukkan Soegondo sebagai ketua dikarenakan ia merupakan anggota Persatuan Pemuda Indonesia (PPI) dan atas persetujuan Drs. Mohmmad Hatta sebagai ketua PPI dan Ir. Soekarno.

Dilansir dari situs resmi Kemdikbud, Soegondo lahir di Tuban pada 22 Februari 1904. Ayahnya bernama Kromo Sardjono, penghulu dan mantri juru tulis desa di Tuban.

2. Djoko Marsaid

Djoko Marsaid berperan sebagai wakil ketua Kongres Pemuda II. dikenal sebagai aktivis gerakan pemuda. Ia adalah perwakilan dari Jong Java, organisasi kepemudaan Indonesia. 

Djoko Marsaid memiliki nama lengkap Djokomarsaid Tirtodiningrat lahir di Malang 29 Mei 1903. Dikutip dari akun X (dulu Twitter) Museum Sumpah Pemuda, sebelum Kongres Pemuda II, Djoko Marsaid pernah bekerja sebagai wartawan di Surabaya.

3. Mohammad Yamin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: