BMKG Ingatkan Cuaca Buruk Saat Libur Lebaran 2024

BMKG Ingatkan Cuaca Buruk Saat Libur Lebaran 2024

BUTUH BANTUAN : Banjir di Kelurahan Perwata, TBT, Bandar Lampung hingga Jumat 12 April 2024 siang belum surut.-Farzan Azzilan-

RADARTV - Cuaca buruk berupa hujan lebat disertai petir dan kilat pada Kamis 11 April 2024 malam hingga Jumat 12 April subuh telah menyebabkan sejumlah kawasan di Kota Bandar Lampung kembali banjir. 

Seperti terpantau di Jalan Kelurahan Perwata, Kecamatan Teluk Betung Timur, Bandar Lampung, ratusan rumah hingga berita ini diturunkan pukul 10.00 WIB, masih tergenang air setinggi selutut orang dewasa.

Selain curah hujan yang tinggi, diduga adaupaya agar kawasan yang Perumahan Citra Garden tak banjir maka menjebol pagar - pagar panel beton untuk jalan air.

Akibatnya, kawasan perkampungan warga yang ada di bawahnya yang menjadi korban. "Kami kagetlah, tahu - tahu air sudah datang," kata salah seorang warga.

Salah seorang tokoh masyarakat merasa kaget saat pulang ke rumahnya subuh tadi. Air warna coklat keruh sudah menggenangi kawasan permukiman. Apalagi saat masuk ke rumah, air telah menyebabkan perabotan tak terselamatkan. 

Perabotan seperti kasur, sofa, kulkas dan alat eletronik lainya basah tergenang air. "Jarang betul daerah ini banjir, sudah berapa tahun yang lalu terakhir banjir," kata pemuda ini.

BMKG Ingatkan Cuaca Buruk

Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi hujan dera masih akan turun pada hari ketiga libur lebaran di sejumlah wilayah, Jumat 12 April 2024.

Ya, pasalnya hujan deras disertai petir akan ada di hampir sebagian besar wilayah Lampung pada H+3 hari Raya Idul Fitri, hari ini dari pagi sampai malam hari.

Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Hariyanto mengatkan jika Suhu udara: 22,0 °C – 32,0 °C. Kecuali wilayah bagian barat Lampung suhu udara berkisar 16,0 °C – 30,0 °C.

"Kelembapan udara: 60 – 100 %.

Arah dan Kecepatan Angin: Tenggara  – Selatan dengan kecepatan 5 – 15 knots (9 - 27 Km/Jam)," katanya.

Dengan begitu  hujan dengan intensitas ringan hingga deras diprakirakan akan turun di sejumlah wilayah dari pagi hingga dini hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: