Resep Es Teler Sultan : Ide Minuman Buka Puasa yang Wajib Dicoba

Resep Es Teler Sultan : Ide Minuman Buka Puasa yang Wajib Dicoba

SEGAR : Es teler Sultan yang sangat menggoda.-satria adhi muda-

2. Matikan kompor kalau sudah mendidih, tambahkan 50 ml sirup rasa melon, masukkan juga pewarna hijau supaya tampilannya lebih menarik, kemudian aduk sampai tercampur rata, tuangkan ke dalam loyang, kalau sudah mengeras, cetak agar-agar berbentuk kotak-kotak kecil, lalu sisihkan.

3. Untuk membuat jelly cincau, masukkan nutrijel cincau 15 gr ke dalam panci, tambahkan 5 sdm gula pasir, lalu masukkan 700 ml air dengan api sedang, aduk sampai rata agar tidak gosong.

4. Kalau sudah mendidih, diamkan sampai mengeras lalu bentuk kotak-kotak kecil seperti agar-agar melon tadi.

5. Selanjutnya buat jelly kelapa muda, masukkan 15 gr nutijel radsa kelapa muda, 5 sdm gula pasir, aduk rata, tambahkan 65 ml santan instan, dan 700 ml air, lalu aduk sampai tercampur rata, masak dengan api sedang sampai mendidih.

6. Tuangakan ke dalam loyang atau cetakan, kalau sudah mengeras keruk jelly menggunakan alat kerukan supaya jellynya menyerupai kelapa muda, lalu sisihkan.

7. Untuk membuat mutiaram, siapkan air mendidih, kemudian masukkan 100 gr sagu mutiara, agar tampilannya lebih menarik tambahkan pewarna merah, lalu aduk sampai merata.

8. Masak sagu mutiara dengan metode 5, 30, dan 7 menit, yaitu dimasak selama 30 menit, kemudian matikan api dan diamkan selama 30 menit, selanjutnya dimasak selama 7 menit, matangkan sahu mutiara sampai tidak ada titik putihnya, lalu bilas dengan air matang.

9. Nah untuk membuat kuah kentalnya, masukkan 500rg gula pasir dan bubuk creamer, lalu aduk rata, tambahkan 1 ½ kaleng susu kental manis, 1 kaleng susu evaporasi, selanjutnya mixer semua bahan kurang lebih 30 menit.

10.Untuk toppingnya, bisa gunakan buah alpukat dan buah nangka, lalu dipotong-potong kecil. 

11. Cara penyajiannya, masukkan dulu agar-agar rasa melon, kemudian kelapa muda, lalu sagu mutiara dan buah nangka, jelly cincau dan masukkan es batu secukupnya. Tambahkan kuah kentalnya 2-3 sds, lalu tambahkan topping buah yang sudah dipotong-potong tadi.

Nah itu dia resep es teler sultan yang menyegarkan dan sangat cocok untuk buka puasa nanti. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: