Empat TPS di Lampung Gelar Pemungutan Suara Ulang, Dua TPS Menyusul

Empat TPS di Lampung Gelar Pemungutan Suara Ulang, Dua TPS Menyusul

Pemungutan suara ualng di TPS 31 Kecamatan Kedaton, Bandar Lampung, Minggu 18 Februari 2024.(jeni)--

RADARTV - Sebanyak empat TPS se-Lampung yang tersebar di tiga Kabupaten/Kota menyelenggarakan pemungutan suara ulang (PSU), pada Minggu 18 Februari 2024.

Ketua KPU Provinsi Lampung Erwan Bustami mengatakan lokasi PSU itu berada di dua TPS di Bandar Lampung. Kemudian satu TPS di Kecamatan Jabung Lampung Timur, serta satu TPS di Kecamatan Bengkunat Pesisir Barat.

Dengan rincian TPS 19 Way Kandis Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung, kemudian TPS 31 Kecamatan Kedaton Bandar Lampung.

TPS 02 di Desa Sambirejo Kecamatan Jabung Kabupaten Lampung Timur, selanjutnya satu TPS di Kecamatan Bengkunat Pesisir Barat.

KPU menerima rekomendasi PSU se-Lampung di enam TPS namun yang baru dilaksanakan PSU baru berada di empat TPS.

Untuk dua lokasi yang direkomendasikan oleh Bawaslu dan belum dilakukan PSU yakni satu berada di Kecamatan Way Khilau Pesawaran kemudian satu berada Kecamatan Simpang Pematang Mesuji.

Pemungutan suara ulang itu telah diatur dalam regulasi maka harus dilaksanakan. Dari pantauan sudah berjalan dengan baik termasuk logistik dan distribusi logistik," jelas Erwan Bustami.

Erwan juga menjelaskan untuk penyelenggaran PSU di tiga TPS yaitu dua di Bandar Lampung dan satu di Kecamatan Jabung Timur melakukan pemilihan lima kertas suara yaitu calon presiden calon wakil presiden, calon DPD RI, calon DPR RI dan calon DPRD Kabupaten/Kota.

Sementara untuk PSU di satu TPS Kecamatan Bengkunat Pesisir Barat hanya memilih pada presiden sesuai dengan rekomendasi Bawaslu.

Dengan pelaksanaan pemungutan suara ulang diharapkan dapat menjawab keraguan publik tentang apa yang terjadi pada TPS 19. Untuk 7 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 19 semuanya baru.

 

Bawaslu Awasi PSU, Pemilu Harus Jujur dan Adil

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Bandar Lampung memastikan warga masih antusias saat melakukan pemungutan suara ulang (PSU).

Ketua Bawaslu Bandar Lampung Apriliwanda, mengatakan pihaknya melakukan pengawasan melekat  untuk memastikan proses pemungutan suara hingga penghitungan berlangsung Jujur dan adil (Jurdil).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: