Ini Dia Roadmap Menuju Indonesia Emas 2045 Dari PMKRI

Ini Dia Roadmap Menuju Indonesia Emas 2045 Dari PMKRI

PETA JALAN : PMKRI telah berhasil rumuskan peta jalan Menuju Indonesia Emas 2045.-pmkri-

Tahun 2028 minimal sudah 19 cabang menghasilkan produk ekonomi kreatif. Tahun 2030 karya- karya ekonomi kreatif PMKRI secara nasional sudah berdampak bagi seluruh cabang PMKRI se-Indonesia, targetnya tahun 2034 kader-kader PMKRI menjadi pelaku ekonomi kreatif secara mandiri.

 Selain itu di tahun 2036 PMKRI mampu memasarkan karya-karya dari cabang-cabang se-Indonesia dan mempromosikan hasil kreatif dikancah Nasional.

Di tahun 2038, kader PMKRI sudah mampu bersaing. Yonas juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut andil dalam menyukseskan Workshop Nasional terutama partisipasi aktif Cabang PMKRI Se-Indonesia.

3. Pengembangan SDM, Riset dan Teknologi

Tri Natalia Urada, Ketua Presidium Pengurus Pusat PMKRI Periode 2022-2024 menerangkan bahwa “Sumberdaya Manusia PMKRI berkontribusi dalam pembangunan nasional dan global”. 

Hal ini adalah visi strategis PMKRI menuju Indonesia Emas 2045 dengan menyiapkan sumberdaya manusia yang berkompeten.

Pengembangan SDM di tahun 2030 yakni Pembenahan Struktur/kelembagaan, dalam Membentuk kelembagaan profesi di semua cabang PMKRI, dan forum studi lokal dalam mewujudkan visi Indonesia Emas 2045.

”Kebijakannya adalah optimalisasi pendidikan nonformal di setiap cabang yang berbasis minat dan bakat kader dalam kajian dan advokasi lingkungan serta penguatan hak asasi manusia (HAM) dan resolusi konflik,” paparnya.

Kebijakan di bidang riset dan teknologi menuju tahun 2030 yaitu PMKRI sudah  memiliki kanal jurnal ilmiah sendiri, aplikasi/platform dan Riset sepak terjang PMKRI. 

Standar utama dalam pengembangan SDM adalah “membaca, menulis dan berdikusi”. Tiga bantu tungku tersebut memasak kecerdasan dan menjanjikan wawasan pengetahuan yang makin luas. 

”Pengembangan SDM di internal PMKRI telah dilakukan, salah satunya dengan pelatihan Jurnalistik di berbagai daerah,” tandasnya. 

Berbagai pelatihan pun telah dilakukan. Baik untuk ekonomi kreatif hingga konsentrasi riset dan teknologi. Kolaborasi menjadi kunci utama sehingga PMKRI bisa eksis.

Peluncuran peta jalan tersebut dihadiri oleh 20 cabang dengan jumlah delegasi kurang lebih 120 orang. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: