Wajah Caleg DPR RI PKN Lampung : Sekadar Formalitas, Mayoritas Caleg Impor Luar Lampung

Wajah Caleg DPR RI PKN Lampung : Sekadar Formalitas, Mayoritas Caleg Impor Luar Lampung

PKN-radar tv-

RADARTV - Wajar jikalau banyak lembaga survei melansir banyak partai politik (parpol) baru dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 tak mampu memenuhi parliementary threshold perolehan suara DPR RI.

Salah satunya karena tidak seriusnya parpol melakukan kaderisasi. Salah satu contohnya adalah Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Parpol nomor urut 9 (sembilan) ini mengajukan 16 nama kader untuk pemilihan DPR RI wilayah Lampung.

Masing - masing 8 (delapan) caleg untuk dapil Lampung I dan dapil Lampung II. Menariknya, dari seluruh caleg itu, hanya satu orang beromisili di Lampung. Sisanya berasal dari Jakarta, Tanggerang, Depok, Bekasi, hingga dari Surabaya. 

Memang tidak ada ketentuan khusus soal domisili caleg. Namun keuntungan jikalau caleg berasal dari domisili dapil dia mencalonkan diri, maka sudah ada yang mengenal. Baik tetangga, saudara dan kerabat atau jaringan lainnya. 

BACA JUGA:Wajah Caleg DPR RI PKS Lampung : Spesialis Konsisten Raih 2 Kursi

Caleg impor ini tentu sangat menyulitkan parpol untuk bisa maksimal meraih suara. Nyaris tak ada satu alat peraga kampanye (APK) caleg atau bendera PKN berkibar di Lampung. Bahkan, baik susunan kepengurusan, sosok atau tokoh dan alamat sekretariat saja jarang terdengar.

Bisa saja ini hanya salah satu strategi untuk gugur kewabijan saja. Partai dan caleg tak benar - benar serius untuk berkompetisi. Atau lebih parah dari itu, caleg tak mengerti wilayah apa saja yang masuk ke dalam dapil mereka.  

Berikut Caleg DPR RI PKN Dapil Lampung I

 1. Fitri Yulianingsih (Jakarta Barat)

2. Syaifulloh Kukuh Wicaksono (Depok)

3. Abdul Hadi (Tanggerang)

4. Tasya Puteri Salote (Depok)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: