Disiarkan Langsung, Ini Jadwal Pertandingan Laga Kedua Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Disiarkan Langsung, Ini Jadwal Pertandingan Laga Kedua Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Optimis. Jelang laga kedua timnas Indonesia di Piala Asia 2023.-PSSI-

RADARTV - Timnas Sepak Bola Indonesia akan bertanding dengan Timnas Vietnam. Diketahui, dua timnas di Asia Tenggara tersebut sama-sama mengalami kekalahan pada laga pembuka di Grup D Piala Asia 2023.

Pada pertandingan sebelumnya, Timnas Indonesia dan Vietnam sama-sama gagal meraih kemenangan. Tim Garuda mesti menerima kekalahan dengan skor 1-3 saat adu tanding melawan Irak. Sedangkan Timnas Vietnam, Golden Star Warriors harus takluk dari Jepang dengan skor 2-4.

Alhasil, kekalahan dari Irak pada laga pembuka membuat Timnas Indonesia mesti legowo menempati posisi empat. Berada diurutan paling bawah di Grup D dengan nilai nol. Sementara, Timnas Vietnam berada satu tingkat di atas Indonesia. Bertengger di posisi ketiga, juga dengan nir poin.

Demi menjaga asa agar bisa menembus 16 besar, dua tim nasional di Asia Tenggara tersebut bisa dipastikan sama-sama berambisi untuk menambah poin dan memetik kemenangan.

Dalam catatan laga kedua timnas, ini bukan pertemuan pertama Indonesia dan Vietnam. Tercatat, sudah 27 kali keduanya pernah saling berhadapan di semua ajang pertandingan sepak bola yang pernah kedua tim ikuti bersama-sama.

Dari enam pertemuan terakhir antara Indonesia dan Vietnam, Tim Garuda tak pernah menang dari Timnas Vietnam. Rinciannya : tiga kali Timnas Indonesia mengalami kekalahan dan tiga kali dengan hasil imbang. Hal ini menjadi salah satu dasar prediksi, bahwa timnas asuhan pelatih Shin Tae-yong tersebut akan bekerja keras mengalahkan Timnas Vietnam pada laga kedua nanti.

Partai kedua Timnas Indonesia dan Vietnam dijadwalkan akan berlangsung di Doha, Qatar. Keduanya akan berlaga di Abdullah bin Khalifa Stadium, pada Jumat malam, 19 Januari 2024 WIB. Pertandingan ini juga akan disiarkan langsung di RCTI pada pukul 21.30 WIB

Berbagai prediksi dan banyak kemungkinan bisa terjadi di partai kedua tersebut. Namun yang jelas, kemenangan menjadi hal yang wajib bagi Timnas Indonesia dan Vietnam agar tetap berada di Piala Asia 2023.

Dari catatan pertandingan sebelumnya, Timnas Indonesia punya rekor buruk ketika berhadapan dengan Vietnam. Kemenangan terakhir Timnas Indonesia atas Vietnam terjadi dalam leg 1 semifinal Piala AFF 2016 di Stadion Pakansari Cibinong, Bogor, 3 Desember 2016 silam.

Sejak semifinal AFF 2016 itu, Timnas Indonesia belum lagi mampu mengalahkan Vietnam. Total, dalam 10 tahun terakhir Vietnam sudah menang 4 kali atas Indonesia, 5 kali seri, dan baru sekali kalah. 

Selain menjadi duel hidup mati kedua tim Piala Asia 2023, pertandingan ini juga bakal jadi ajang pembuktian Shin Tae-yong. Ini karena pelatih Skuad Garuda itu belum pernah mengalahkan Vietnam semenjak menukangi Timnas Indonesia. 

Sepanjang perjalanan karir pelatih Timnas, Shin Tae-yong telah empat kali memimpin Timnas Indonesia di duel kontra Vietnam. 

Namun dari total perjumpaan itu, Indonesia arahan Shin Tae-yong kalah 2 kali, dan 2 kali bermain imbang melawan Vietnam.

Masyarakat Indonesia pun menaruh harapan besar terhadap Shin Tae-yong agar Timnas Indonesia bisa menang melawan Vietnam di laga kali ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: