Wajah Caleg DPR RI Golkar Lampung 2024 : Kader Senior Kirim Sinyal Penggantian Untuk Petahana

Wajah Caleg DPR RI Golkar Lampung 2024 : Kader Senior Kirim Sinyal Penggantian Untuk Petahana

PARTAI GOLKAR-golkar-

RADARTV - Partai Golongan Karya (Golkar) Provinsi Lampung mampu duduk sebagai runner up dalam pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019. Golkar meraih tiga kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI. Posisinya di bawah PDI- Perjuangan yang meraih 5 kursi dan di atas mayoritas parpol lain. 

Satu kursi DPR RI didonasikan oleh dua caleg impor yakni Sekjen Partai Golkar Lodewijk F Paulus dengan perolehan 35.199 suara dari dapil Lampung I.

Caleg luar Lampung lain yang mendonasikan kursi adalah Azis Samsudin. Dia mampu meraih 104.042 suara dari dapil Lampung II, hanya satu strip di bawah perolehan suara Marwan Cik Asan dari Partai Demokrat. 


GOLKAR : Ini dia wajah caleg DPR RI dari Partai Golkar Provinsi Lampung.-kpu-

Namun di tengah perjalanan, Azis tersandung kasus korupsi. Dia diamankan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan menjalani penjara selama 5 tahun lebih. Posisinya kemudian digantikan melaui proses pergantian antar waktu (PAW) oleh Riswan Tony DK.

BACA JUGA:Wajah Caleg DPR RI PDIP Lampung 2024 : Ujian Berat Bagi Juara Bertahan, Potensi Kehilangan 1 Kursi

Satu suara sisa disumbangkan oleh Hanan A. Rozak. Raihan suaranya tak terlalu membanggakan, hanya 31.016 suara. Dia adalah Mantan Bupati Tulang Bawang yang memanfaatkan basis massa, sisa - sisa pilkada.  

Dapil Lampung I, meliputi Kota Bandar Lampung, Metro, Pesawaran, Lampung Selatan, Pringsewu, Pesisir Barat, Tanggamus dan Lampung Barat tersebut. PDIP meraih 3 kursi, disusul Partai Demokrat, PAN, PKS, Nasdem, Gerindra, PKB, Golkar masing - masing 1 kursi. 

Untuk dapil Lampung II (Lampung Tengah, Lampung Timur, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Mesuji, Lampung Utara, dan Way Kanan), PDIP dan Golkar meraih masing - masing 2 kursi. Lalu, Partai Demokrat, Nasdem, PKB, PAN, PKS, dan Gerindra masing - masing 1 kursi. 

Dalam kompetisi pemilu, semua partai politik (parpol) memiliki strategi sama ingin meraih kursi sebanyak - banyaknya. Parpol mengintip kelemahaan kompetitor untuk kemudian mengambil alih basis massa dan tentu suaranya pula.

BACA JUGA:Ini Dia Caleg DPR RI Gerindra Lampung : Muzani dan Dwi Rita Dibayangi Caleg Milenial

Begitu juga dengan persaingan internal. Semua caleg akan menggunakan seluruh sumber daya dan logistik pemilu agar bisa jadi melenggang ke Senayan.  

Peta Persaingan Caleg Golkar Dapil Lampung I 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: