Berapa Kali Kecelakaan Kereta Api Vs Kereta Api Di Lampung? Ini Daftar Lengkapnya

Berapa Kali Kecelakaan Kereta Api Vs Kereta Api Di Lampung? Ini Daftar Lengkapnya

KERETA VS KERETA : Salah satu insiden kecelakaan kereta di Stasiun Rengas, Lampung Tengah.-radar tv-

RADARTV - Kecelakaan antara kereta api versus kereta api (KA) juga pernah terjadi di Provinsi Lampung. Baik kecelakaan adu banteng antara dua lokomotif atau lokomotif menabrak gerbong belakang yang berada di satu jalur. 

Kecelakaan adu banteng antara lokomotif terbaru yang terjadi di Indonesia adalah KA Turangga relasi Gubeng Surabaya - Bandung melawan Commuterline Bandung Raya, dengan korban meninggal mencapai 4 orang. 

Tim radartv.disway.id telah merangkum sejumlah insiden kecelakaan kereta versus kereta. Baik kecelakaan yang menyebabkan adanya korban meninggal dunia atau kerugian material akibat kereta anjlok dan membutuhkan waktu lama untuk evakuasi. 

Berikut Kecelakaan Kereta Vs Kereta di Lampung 

A. KA Fajar Utama Tabrak Gerbong KA Babaranjang yang Tertinggal Tahun 2005

Akibat ulah sejumlah remaja mencopot sambungan antar gerbong, menyebabkan 13 gerbong KA Babaranjang tertinggal di rel kereta api di jalur tak jauh dari perlintasan Jalan H. Komarudin, Rajabasa, Jumat 20 Mei 2005.  

Masinis kereta tersebut tak mengetahui ada gerbong terlepas dari lokomotif. Saat KA Babaranjang berangkat, belasan gerbong tertinggal di rel kereta. Nahas, tak lama KA penumpang Fajar Utama masuk jalur sama.

Awalnya sekira pukul 17.32 WIB, KA Fajar Utama ditahan lajunya di Stasiun Rejosari, Natar, Lampung Selatan, karena kereta babaranjang sedang langsir. KA Fajar Utama diizinkan melanjutkan perjalanan dari Stasiun Rejosari skeira pukul Pukul 17.57 WIB.

Setelah langsir 13 dari 39 gerbong babaranjang terlepas dan tertinggal di kilometer 19,5. Masinis KA babarajang, Rizal Muklis, tidak tahu kalau sebagian gerbongnya lepas. 

Begitu juga juru sinyal di Stasiun Labuhan Ratu, Muhammad Sobri, dan masinis KA Fajar Utama. Hingga akhirnya pukul 18.10 WIB KA Fajar Utama menabrak gerbong kereta yang tertinggal.

Total ada empat orang korban meninggal dunia, sejumlah penumpang mengalami luka berat dan luka ringan. Korban meninggal adalah masinis Heri Pontias, Den Agus, Bustomo dan Wagiman. 

Sejumlah remaja dan seorang dewasa yang menjadi pelaku pelepasan gerbong diamankan dalam peristiwa ini. 

B. KA Babaranjang Vs KA Limex Sriwijaya Tahun 2008 

Kecelakaan ini terjadi satu hari menjelang HUT Kemeredekaan RI Tahun 2008 atau tepatnya pada 16 Agustus 2008, sekira pukul 07.43 WIB, di emplasemen Stasiun Labuhan Ratu Km 18+100 di Kampung Baru, Kecamatan Kedaton bandar Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: