Ini Dia 10 Provinsi Penghasil Durian Terbanyak Di Indonesia, Lampung Peringkat Berapa?

Ini Dia 10 Provinsi Penghasil Durian Terbanyak Di Indonesia, Lampung Peringkat Berapa?

DURIAN KAMPUNG : Salah satu durian kampung di kawasan Kelurahan Sumber Agung, Kemiling, Bandar Lampung.-Hendarto Setiawan-

RADARTV - Indonesia merupakan negara tropis yang dianugerahi Allah Azza Wa Jalla dengan kekayaan sumber daya alam melimpah dan tanah subuh. Kita patut mensyukurinya, dengan mengucapkan Alhamdulillah. 

Salah satu, kekayaan melimpah itu adalah potensi tanaman dan buah - buahan. Antara lain yang tumbuh sumburnya dan banyak varian buah durian.    

Di level internasional, Indonesia berada diperingkat kedua di bawah Thaliand. Negara Gajah Putih ini memiliki pendapatan ekspor durian Monthong ke China mencapai Rp36 triliun. 

BACA JUGA:Alasan Orang Bule Gak Doyan Durian : Mual, Muntah Hingga Jijik Saat Disodori Durian

Untuk Indonesia, dari 13 varietas King Of Fruits dunia sebanyak 8 jenis ada di Nusantara. Tempat ketiga diraih oleh Malaysia dengan durian varian Musang King yang sangat terkenal. Jika tak ada upaya serius dari pemerintah bukan tak mungkin posisi Indonesia di balap oleh Malaysia dan sejumlah negara lain yang tengah gencar membudidaya durian. Antara lain China dan Vietman. 

Kondisi Perkebunan Durian Di Indonesia 

Menariknya sejumlah provinsi melalui pertanian skala besar tengah membudidayakan durian varietas lokal. Selama ini, perkebunan durian di Indonesia masih melakukan pola lama. 

Bibit buat yang ditanam merupakan bibit asalan atau dikenal dengan istilah durian kampung. Begitu juga dengan perawatan, tidak ada yang khusus. Hanya mengikuti musim saja.  

BACA JUGA:Liburan Akhir Tahun di Lampung, Jangan Lupa Mampir dan Nikmati Durian, Ini Dia Lokasinya

Berikut kami sajikan data provinsi penghasilan terbanyak di Indonesia :

Badan Pusat Statistik (BPS) menyajikan data  sepanjang 2022 Indonesia mampu menghasilkan produksi durian hingga 1,71 juta ton. 

Berikut 10 provinsi dengan volume produksi durian terbanyak tahun 2022:

1. Jawa Timur 419.849 ton

2. Sumatra Barat 304.119 ton

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: