SMKN SPP Lampung Program SMK Berbasis Revolusi Industri 4.0, Siap Wujudkan Smart Farming

SMKN SPP Lampung Program SMK Berbasis Revolusi Industri 4.0, Siap Wujudkan Smart Farming

RADAR TV - Wujud nyata untuk mengadopsi teknologi pertanian dan peningkatan mutu pendidikan SMKN SPP Lampung sebagai SMK Berbasis Revolusi Industri 4.0 tanggal 4-5 Desember 2023 melakukan benchmarking

Kunjungan ini bertempat di PT. Momenta Agrikultura “Amazing Farm” Lembang, Polbangtan Bogor dan Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia (PEPI) Serpong. 

Kepala Sekolah Junaina, S.Pd., M.Pd. saat dikonfiirmasi mengatakan “bahwa benchmarking untuk mengetahui update teknologi pertanian juga melakukan perjanjian kerjasama mulai dari penyelarasan kurikulum, praktik kerja industri, peningkatan kompetensi melalui guru magang, pengembangan Teaching Factory, keterserapan Lulusan dan kunjungan industri.


Penandatangan perjanjian Kerjasama dengan Manager Bapak Dedi Suhariyanto, S.P PT. Momenta Agrikultura ”Amazing Farm” Lembang dan Kepala SMKN SPP Lampung Ibu Junaina, S.Pd., M.Pd -kolase radar tv-

Saat menyambangi PT. Momenta Agrikultura Lembang Jawa Barat, peserta benchmarking SMKN SPP Lampung disambut oleh General Manager, Dedi Suhariyanto, S.P. 

Dalam sambutannya Dedi Suhariyanto mengatakan “kami terbuka dan mendukung dalam peningkatan kompetensi pendidikan khususnya bidang Agribisnis dan Agroteknologi”.  

Perjalanan dilanjutkan ke Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor bersama Wakil Direktur Polbangtan Bogor Rudi Hartono, S.ST., M.P. tim Polbangtan, rombongan SMKN SPP Lampung diajak berkeliling melihat Teknologi Smart Farming program Youth Entrepreneurship and Employment Support Service (YESS).

Hal ini sebagai upaya menggerakan generasi petani dan wirausaha milenial yang ditunjang dengan mekanisasi dan inovasi pertanian. 

Teknologi Smart Farming dibangun rumah kaca dengan pemanfaatan IOT (Internet Off Thing)  diantaranya penyiraman otomatis, alat pengatur suhu dan kelembapan serta pengendalian hama penyakit tanaman.


Penandatangan perjanjian Kerjasama dengan Bapak Rudi Hartono, S.ST., M.P. Wakil Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian Bogor dan Kepala SMKN SPP Lampung Ibu Junaina, S.Pd., M.Pd-kolase radar tv-

Tidak sampai disitu saja rombongan Benchmarking SMKN SPP Lampung melanjutkan ke Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia  (PEPI) serpong.

Direktur PEPI Muharfiza S.TP, M.Si  dalam sambutannya mengatakan sebagai politeknik di bawah Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, visi PEPI “menjadi Politeknik Enjiniring Pertanian Indonesia unggul bertaraf internasional.

Dalam menghasilkan sumber daya manusia pertanian yang profesional, mandiri, dan berdaya saing di bidang enjiniring dan teknologi pertanian, tentu ini didukung dengan serapan lulusan PEPI mencapai 100 persen.

Saat sesi sharing, tanya jawabpun berlangsung hangat. Kegiatan ditutup dengan penandatanganan MOU (Perjanijian Kerjasama).  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: