Libur Akhir Tahun Waspadai Jalur Rawan Macet dan Kecelakaan Di Jalan Nasional Lampung

Libur Akhir Tahun Waspadai Jalur Rawan Macet dan Kecelakaan Di Jalan Nasional Lampung

TITIK MACET : Suasana jalan nasional lintas timur di depan Terminal Menggala Tulang Bawang.-Hendarto Setiawan-

RADARTV – Libur akhir tahun sudah tinggal hitungan hari saja. Sekira dua pekan ke depan diperkirakan akan terjadi peningkatan traffic lalu lintas mulai libur Natal hingga pergantian tahun 2023. Untuk itu, ada baiknya mewaspadai jalur rawan macet dan rawan kecelakaan. 

Pergerakan kendaraan pribadi dan penumpang diperkirakan mulai meningkat sejak Jumat 22 Desember. Karena terhitung sejak Jumat hingga Selasa 26 Desember ada cuti bersama.  

Terkait libur panjang akhir tahun ini, Badan Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Provinsi Lampung melansir sejumlah titik rawan macet di sepanjang Jalan Nasional yang ada di Provinsi Lampung.

Untuk diketahui jalan nasional adalah jalan yang menjadi penghubung antar ibu kota provinsi. Status jalan nasional juga diberikan pada jalan strategis nasional dan jalan tol.

Jalan nasional di Lampung membentang mulai dari Pelabuhan Bakauheni hingga Bandar Lampung. Ciri yang mudah diketahui adalah dengan pembedaan pemberian warna marka jalan. Jalan nasional identik dengan cat warna kuning marka jalan tengah. 

Dari Bandar Lampung, kemudian berlanjut membuat cabang, ke kiri adalah jalan nasional lintas barat (jalinbar). Mulai dari Bandar Lampung – Pesawaran – Pringsewu – Tanggamus – Pesisir Barat tembus Provinsi Bengkulu.

Kemudian Jalan Lintas Timur (jalintim) bisa ditempuh dari Bandar Lamung menuju sebagian jalan Ir. Sutami melintasi Kabupaten Lampung Selatan – Lampung Timur, Tulang Bawang – Mesuji dan hingga tembus Provinsi Sumatra Selatan.

Jalan Lintas Tengah dimulai dari Bandar Lampung, sebagain Lampung Selatan, Pesawaran, Lampung Tengah – Lampung Utara – Way Kanan – tembus Sumatra Selatan. 

Dari jalinteng Bukit Kemuning Lampung Utara juga bisa tembus Sumatra Selatan via Lampung Barat.  

Dari jalinteng bisa juga tembus jalintim. Jika sudah sampai Terbanggi Besar, Lampung Tengah maka bisa belok kanan menuju arah Tulang Bawang Barat – Tulang Bawang – Mesuji hingga Sumatra Selatan.

BPJN mencatat 18 titik rawan macet dan 2 titik rawan kecelakaan. Namun informasi ini tidak terlalu detail dan terkesan tidak menyeluruh kajiannya. 

Jalan rawan macet khususnya di pasar-pasar tumpah, atau jalur menuju tempat wisata karena tentunya bulan Desember ini tempat rekreasi akan diserbu pengunjung dari luar Provinsi Lampung. 

Berikut Titik Macet Jalan Nasional Utara

Pasar Sekincau

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: