Selamat Ya…Pasangan Gajah Amel dan Rendy Lahirkan Bayi Unyu Seberat 78 Kilogram Dengan Selamat

Selamat Ya…Pasangan Gajah Amel dan Rendy Lahirkan Bayi Unyu Seberat 78 Kilogram Dengan Selamat

SELAMAT YA: Amel, indukan gajah bersama bayi gajah betina yang baru saja dilahirkan.-tnwk-

RADARTV – Amel dan Rendy, pasangan gajah di Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Kabupaten Lampung Timur, Provinsi Lampung tengah berbahagia. Menyusul kelahiran seekor bayi gajah Sumatra di Camp Elephant Response Unit Margahayu SPTN Wilayah III Kuala Penet, Selasa 28 November 2023.

Selain membuat bahagia orang tua gajah. Kelahiran kali kedua bayi gajah sepanjang tahun 2023 di TNWK Lampung in juga membuat bungah keluarga besar TNWK, Kementerian Kehutanan dan dunia konservasi. 

Berdasarkan laporan Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem KLHK, Satyawan Pudyatmoko, anak gajah berjenis kelamin betina itu lahir dari indukan bernama betina Amel dan jantan Rendy.

Gajah betina tersebut memilii berta badan 78 kilogram, tinggi badan 78 centimeter (cm), panjang badan 98 cm, dan lingkar dada 100 cm.

Kehadiran anak jaha Sumatera tersebut menyusul kehadiran bayi badak di TNWK, akhir pekan yang lalu. Kabar gembira ini disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya melalui rilis kepada awak jurnalis.

”Hanya syukur yang dapat kami panjatkan ke hadirat Tuhan. Kabar gembira silih berganti hadir ke hadapan kita," ucap Menteri LHK.

Seperti halnya kelahiran badak sumatera Sabtu 25 November 2023, kelahiran anak elephant sumatera merupakan kelahiran hewan berbadan raksasa kedua di TN Way Kambas di tahun ini.

Dipastikanya, dengan lahirnya gajah, badak ini tentunya mampu menjadi penyemangat bagi masyarakat Indonesia untuk melakukan konservasi satwa dilindungi oleh Undang - Undang.

"Kelahiran ini harus menjadi penyemangat bagi kita semua bangsa Indonesia untuk terus melakukan upaya konservasi satwa dilindungi yang ada di negeri ini,” urai perempuan yang sempat lama di Provinsi Lampung.

Saat ini induk  dan anak gajah sedang dalam pengawasan dan pemeriksaan mahout dan dokter hewan TNWKKambas untuk memastikan kesehatannya normal dan stabil.

Gajah Sumatera merupakan satwa yang dilindungi di Indonesia dan keduanya memiliki status konservasi Critically Endangered (CR) berdasarkan IUCN.

Sementara itu, Humas TNWK Sukatmoko membenarkan kabar gembira lahirnya gajah anak Amel dan Rendy pada Selasa 28 November.

"Iya benar ada lahiran gajah, dengan jenis kelamin betina," kata Sukatmoko.

Dipastikanya, baik induk dan bayi gajah tersebut masih dalam pemantauan petugas TNWK.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: