4 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Tidak Hitam, Pahami Manfaatnya

4 Tips Mengolah Jantung Pisang Agar Tidak Hitam, Pahami Manfaatnya

ilustasi-(foto pe)els pixabay)-

RADAR TV - Di Indonesia, jantung pisang bisa dibuat berbagai macam olahan makanan. Mungkin selama ini tak banyak orang mengetahui kalau jantung pisang memiliki beragam manfaat diantaranya mencegah konstipasi, memperlancar haid, mengatasi anemia, bahkan dipercaya dapat melancarkan ASI. 

Jantung pisang bisa diolah jadi aneka hidangan dan makanan lezat. Mulai dari tumis jantung pisang hingga sayur jantung pisang kuah santan. Rasanya yang unik memang jadi favorit sendiri. 

Biasanya sebelum dibumbui kita perlu merebusnya terlebih dahulu. Cuma masalahnya terkadang jantung pisang malah berwarna hitam saat direbus. Nah, agar jantung pisang tidak hitam, dalam proses perebusannya ada beberapa hal yang perlu dilakukan, simak tipsnya berikut ini. 

1. Siapkan Panci dan Rebus Air 

Isi panci dengan air yang cukup banyak. Lalu rebus air sampai mendidih. Jantung pisang perlu direbus dengan air yang sudah mendidih supaya warnanya terlihat bagus dan tak berubah warna jadi hitam. 

2. Belah Jantung Pisang Jadi Empat 

Jantung pisang dikupas sampai lapisan luar yang berwarna merah sudah tidak ada. Kemudian, belah jantung pisang menjadi empat bagian. Proses ini perlu dilakukan dengan cepat. Selanjutnya masukkan potongan jantung pisang ke dalam air mendidih. 

3. Panci Tidak Perlu Ditutup 

Dalam proses perebusan, panci tidak perlu ditutup. Sebab, akan ada bagian getah yang mengapung dan perlu segera dibuang. Begitu air dalam panci kembali mendidih, perhatikan apakah ada getah yang mengapung atau tidak. Jika ada, kita perlu segera membuangnya. 

4. Pindahkan Jantung Pisang ke Wadah Berisi Air Baru 

Air rebusan jantung pisang perlu segera dibuang. Lalu jantung pisang yang sudah empuk bisa dimasukkan ke dalam wadah yang berisi air. Disini kita bisa meremas-remas jantung pisang sampai semua getahnya hilang. Bilas beberapa kali hingga bersih.Jantung pisang yang sudah matang selanjutnya bisa dibumbui dan diolah sesuai selera. 

Nah moms, gampang bukan dan gak pake ribet tentunya, semoga tips diatas bermanfaat ya. Selamat mencoba. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: