PRAKIRAAN CUACA LAMPUNG : Waspada Kota Bandar Lampung Akan Diguyur Hujan Lebat Siang dan Malam Hari

PRAKIRAAN CUACA LAMPUNG : Waspada Kota Bandar Lampung Akan Diguyur Hujan Lebat Siang dan Malam Hari

WASPADA : Hujan lebat diperkirakan terjadi di Bandar Lampung.-freepix-

RADARTV – DISCLAIMER : Informasi prakiraan cuaca ini disajikan berdasarkan indikator - indikator tertentu. Namun semua peristiwa terjadi atau tidak terjadi, tepat atau tidak tepat merupakan kehendak dan takdir Allah Subhanawata'ala.

Hujan lebat diperkirakan akan terjadi seluruh ibukota kabupaten dan kota di Provinsi Lampung, pada Sabtu 25 November 2023. Dari laman milik Badan Metereologi Klimatologi dan Goofisika (BMKG) Provinsi Lampung yakni www.BMKG.go.id menyebutkan semua wilayah ibukoya akan diguyur hujan. 

BMKG telah menerbitkan peringatan dini atau early warning akan terjadi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di malam hari diprediksi terjadi di  Way Kanan, Mesuji, Tulang Bawang, Tulang Bawang Barat, Lampung Utara, Lampung Tengah, Lampung Barat, Pesisir Barat dan Tanggamus.

”Potensi akan terjadi hujan lebat disertai angin kencang akan terjadi dinihari di  Way Kanan, Mesuji, Pesisir Barat, Tanggamus, Pesawaran dan Lampung Selatan,” tertulis dalam peringatan dini.

Bandar Lampung Akan Hujan Seharian

Jikalau pada Jumat 24 November 2023, cuaca di Kota Bandar Lampung redup karena langit dipayungi awan hitam. Maka pada Sabtu akhir pekan ini, sedari pagi ibu kota Provinsi Lampung akan hujan dengan intensitas sedang.

”Untuk siang dan malam hari diperkirakan akan mengalami hujan lebat. Untuk dinihari akan mengalami berawan,” sebut BMKG. 

Bagi masyarakat di wilayah langganan banjir diharapkan lebih waspada, karena dampak hujan lebat ini bisa menimbulkan genangan dan luapan air dari sungai dan saluran drainase. Termasuk kepada warga yang beraktivitas di luar rumah, seperti pengendara sepeda motor harus menyiapkan jas hujan atau sejenisnya.

Untuk Kota Blambangan Umpu siang hari terpantau akan mengalami hujan petir dan malam mengalami hujan lebat. Kemudian untuk Gedong Tataan, Kota Agung, dan Krui, juga akan mengalami hujan lebat pada siang dan malam hari. 

”Untuk Liwa, ibukota Kabupaten Lampung Barat diperkirakan akan mengalami hujan petir pada siang dan malam hari,” tertulis pula di laman BMKG.

Sebelumnya, hujan lebat yang terjadi di Kabupaten Pesisir Barat sempat menggenangi jalan raya dan permukiman warga. Di saat mulai datang musim penghujan ini, masyarakat diimbau agar menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat.

Potensi bencana seperti tanah longsor dan banjir sangat mungkin terjadi disebabkan ulah manusia. Seperti pembalakan liar, pembukaan hutan secara masif, membuang sampah secara sembarangan di sungai dan saluran air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: