Nutrisi Sayur Pare, Simak Tips Masak Pare agar Tidak Pahit

Nutrisi Sayur Pare, Simak Tips Masak Pare agar Tidak Pahit

Pare adalah salah satu jenis sayuran yang sangat umum ditemukan dan dikonsumsi di Indonesia--radartv.disway.id

RADAR TV - Pare adalah salah satu jenis sayuran yang sangat umum ditemukan dan dikonsumsi di Indonesia. 

Sayuran ini sangat identik dengan rasa pahitnya yang khas. Namun, dibalik rasa pahitnya, pare menyimpan berbagai kandungan nutrisi yang bermanfaat termasuk berbagai vitamin seperti A, C, E, B1, B2, B3, dan B9.

Selain itu sayur pare kaya akan kandungan mineral seperti kalium, kalsium, zinc, magnesium, fosfor, dan zat besi, kandungan senyawa antioksidan seperti fenol, dan flavonoid, serta masih banyak nutrisi lainnya. 

Selain itu, mengonsumsi pare dipercaya dapat mengurangi gejala penyakit seperti kolesterol, menstabilkan gula darah, hingga meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui. 

Karena rasanya yang pahit, tidak semua orang dapat mentoleransi rasa pahit tersebut  saat pare diolah ke dalam sebuah masakan dan memilih untuk menghindari konsumsi pare.

Lalu, bagaimana cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap enak? Simak tips berikut ini : 

Buang Bagian Tengah Pare 

Salah satu cara supaya rasa pahit pare tidak terlalu terasa adalah dengan menghilangkan bagian tengahnya. Caranya, cukup belah pare menjadi dua, kemudian buang bagian tengah pare yang berwarna putih. Setelah itu, potong pare tipis-tipis supaya saat dimasak, sari-sari pare bisa lebih keluar. 

Rendam Pare Dengan Air Garam 

Rendam pare yang telah dipotong-potong dengan menggunakan air garam. Rendam selama 20 hingga 30 menit sambil sesekali diremas-remas untuk mengurangi rasa pahitnya. Setelah direndam, jangan lupa bilas pare dengan air bersih sebelum diolah jadi menu masakan. 

Rebus Bersama Daun Jambu Biji

Jika anda memiliki daun jambu biji, anda bisa kombinasikan tips memasak pare agar tidak pahit sebelumnya dengan menambahkan daun jambu biji ke dalam rebusan air. Daun jambu biji dipercaya bisa menetralisir cita rasa pahit dari pare. 

Rebus Bersama Asam Jawa/Kandis

Air perasan asam jawa atau asam kandis juga bisa dijadikan sebagai cara menghilangkan rasa pahit pada pare. Untuk mencobanya, anda hanya perlu memotong-motong pare, lalu merendamnya di dalam air perasan asam jawa atau asam kandis selama 30 menit. Atau bisa juga direbus secara bersamaan selama kurang lebih 10-15menit 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: