DPRD Usulkan Lima Calon Pj. Gubernur Lampung, Siapa Saja?

DPRD Usulkan Lima Calon Pj. Gubernur Lampung, Siapa Saja?

USULKAN : DPRD Lampung menguslkan nama - nama penjabat gubernur Lampung.-sekretariat dprd lampung-

RADARTV – DPRD Provinsi Lampung resmi mengusulkan lima nama calon penjabat (Pj.) Gubernur Lampung, kepada pemerintah pusat. Pengusulan ini sesuai dengan aturan dan mekanisme pergantian penjabat kepala daerah. 

Untuk diketahui, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi akan habis masa jabatanya pada pertengahan Desember 2023 atau sekira satu bulan kedepan. Sesuai ketentuan, DPRD mengusulkan nama – nama calon pj. gubernur.  

Usulan lima nama tokoh yang memiliki hubungan dengan Provinsi Lampung, mulai dari lahir, besar dan berpendidikan di Lampung ini merupakan hasil rapat tertutup unsur pimpinan dan fraksi di ruang Ketua DPRD Lampung Mingrum Gumay, Senin 20 November 2023.

Ada lima nama yang diusulkan dari enam fraksi DPRD Lampung. Kelimanya adalah Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto, Sekjen DPD RI Rahman Hadi, Staf Ahli Menpora Samsudin, Rektor Unila Prof. Lusimeilia Afriani, dan  Staf Khusus KSAL, Laksamana Pertama TNI Idham Faca.  

Berikut ini nama calon Pj. Gubernur Lampung dan jumlah dukungtan 

1. Sekdaprov Lampung Fahrizal Darminto diusulkan enam fraksi. 

2. Sekjen DPD RI, Rahman Hadi diusulkan lima fraksi

3. Staf Ahli Kemenpora Samsudin diusulkan empat fraksi

4. Rektor Universitas Lampung, Lusmeilia Afriani diusulkan satu fraksi

5. Staf Khusus KSAL, Laksamana Pertama TNI Idham Faca diusulkan satu fraksi.

Fraksi PKB mengusulkan tiga nama, Rahman Hadi, Samsudin, dan Fahrizal Darminto. Fraksi PDI P Lampung Apriliati mengatakan tiga nama yang diusulkan yakni, Samsudin, Fahrizal Darminto, dan Rahman Hadi.

Fraksi Demokrat Lampung mengusulkan tiga nama yakni Rahman Hadi, Fahrizal Darminto, dan Samsudin. 

”Tentunya memenuhi syarat, misalnya eselon satu, atau setara seperti bintang dua polisi atau rektor, tiga nama sudah diusulkan, mereka orang yang pernah tinggal atau beraktifitas di Provinsi Lampung," kata Hanifal. 

Kemudian Fraksi PKS mengusulan tiga nama pada rapim tersebut. Yakni Sekda Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, Rektor Unila, Lusmeilia Afriani, dan Samsudin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: