Ini Dia Bumbu dan Bahan Alami di Rumah Yang Punya Manfaat Meredakan Sakit Gigi.

Ini Dia Bumbu dan Bahan Alami di Rumah Yang Punya Manfaat Meredakan Sakit Gigi.

Beberapa bahan alami di rumah bisa membantu meredakan sakit gigi.-pexels-

RADARTV - Sakit gigi memang sangat mengganggu kenyamanan. Bahkan terkadang beberapa aktivitas terpaksa ditunda ketika menderita sakit ini. Tak kenal tempat dan waktu, rasa sakitnya bisa datang kapan saja. 

Semua orang bisa terkena sakit gigi. Semua usia, dari anak-anak, remaja, orang dewasa hingga orang tua bisa mengalaminya. Tak peduli situasi : suasana bising dan hening, duduk atau berdiri, semua terasa tak nyaman akibat rasa sakit yang ditimbulkannya.

Terkadang ketika sakit gigi, makan dan minum pun menjadi malas. Akibatnya, kesehatan lain menjadi terganggu. Ini juga salah satu sebab mengapa sakit gigi tak boleh disepelekan. Karena bisa berdampak pada kondisi kesehatan yang lain.

Banyak hal yang menjadi penyebab sakit pada gigi, selain faktor kebersihan mulut dan gigi. Biasanya pada anak-anak dan remaja sakit ini muncul akibat pergantian gigi dimasa pertumbuhan. Tak jarang kondisi ini sampai menimbulkan demam.

Bukan hanya terasa sakit pada gigi. Radang dan pendarahan pada gusi juga bagian dari sakit ini. Ngilu dan nyeri yang hebat bisa menjalar sampai pundak, leher hingga kepala. Bahkan bisa sampai terjadi pembengkakan di area pipi.

Ada beberapa cara untuk meredakan sakit gigi sebelum kamu ke dokter. Untuk keluhan sakit yang tidak terlalu berat kamu bisa mencoba mengurangi rasa nyerinya dengan beberapa bahan alami berikut ini :

1. Garam

Menggunakan garam sebagai pereda nyeri sakit gigi sudah cukup lama diketahui. Cara membuatnya pun mudah dan sederhana. Kamu bisa tambahkan setengah sendok teh disegelas air hangat, lalu aduk hingga larut. Setelah itu berkumurlah dengan air tersebut selama beberapa menit. Ingat, jangan sampai tertelan.

Selain efektif melepaskan sisa makanan dari dalam mulut,  berkumur dengan air garam berkhasiat juga untuk membantu menghilangkan bakteri dan meredakan pembengkakan.

 

2. Bawang Putih

Cuci bersih 1 buah bawang putih. Lalu gigit dan kunyah secara perlahan selama beberapa menit di gigi yang sakit. Bisa juga dengan mengirisnya tipis-tips lalu tempelkan di area yang nyeri.

Ingat, mengunyah dan menempelkannya cukup beberapa menit saja. Kemudian, bersihkan dengan cara berkumur. Sebab, jika terlalu lama bisa menyebabkan sedikit luka bakar pada selaput mulut.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: