Kenali Cacar Monyet, Penyebab dan Gejalanya

Kenali Cacar Monyet, Penyebab dan Gejalanya

--Foto iStockphoto.com

RADARTV - Cacar monyet merupakan penyakit zoonosis langka yang terjadi akibat infeksi virus Virus Monkeypox. Cacar monyet ini merupakan bagian dari Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. 

 

Penyakit ini sering ditemukan di negara Afrika Tengah dan Afrika Barat, tetapi belakangan ini penyakit ini kembali merebak di beberapa negara di luar Afrika. 

 

Di Indonesia, kasus cacar monyet pertama kali muncul pada 20 Agustus 2022. Kemudian, Kementerian Kesehatan melaporan temuan satu kasus baru cacar monyet (monkeypox) di Bandung, Jawa Barat. Dengan tambahan satu kasus baru ini, total ada 21 kasus positif cacar monyet di Indonesia sejak pertama kali ditemukan. 

 

Faktor Penyebab

Penyakit ini tidak hanya bisa ditularkan melalui monyet. Beberapa hewan pengerat seperti tikus dan tupai juga bisa terinfeksi penyakit ini dan menularkannya kepada manusia. Cacar monyet ini juga bisa ditularkan dari manusia ke manusia melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit. Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian penderita. 

 

Gejala

Pada awalnya penyakit cacar monyet memiliki gejala yang serupa dengan cacar air, yaitu bintil berair. Seiring perkembangan penyakit ini bintil berair akan berubah menjadi nanah, lalu pecah dan berkerak, dan akan menyebabkan borok di permukaan kulit. Penyakit ini juga akan menimbulkan benjolan dibeberapa bagian tubuh. 

 

Gejala cacar monyet akan muncul pada 5–21 hari sejak penderitanya terinfeksi virus monkeypox. Gejala awal cacar monyet adalah: 

• Demam, menggigil

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: