Dari Lampung Investment Summit, Pemprov Lampung – Bali Sepakati Kerja Sama Pelbagai Bidang

Dari Lampung Investment Summit, Pemprov Lampung – Bali Sepakati Kerja Sama Pelbagai Bidang

G TO G : Kerja sama antara Pemprov Bali dan Pemprov Lampung.-Kominfo Bali-

RADARTV – Lampung Investment Summit (LIS) Tahun 2023 yang dihelat di Kabupaten Badung, Provinsi Bali membuahkan hasil positif. Dari kegiatan promosi dan menggaet investor dari Bali baik antara pemerintah dan pemerintah (G to G) dan bussines to bussines (B to B) semuanya membuahkan hasil.

Dari arena Lampung Investment Summit di Badung, disepakati kerja sama antara pelaku usaha dari Bali dan Lampung (B to B) di bidang peningkatan dan pengembangan pariwisata, ekonomi kreatif, industri, hingga perdagangan. 

”Terjadi kerjasama antara pengusaha lokal Bali dan Lampung dengan nilai kerja sama mencapai Rp 8,713 miliar,” seperti rilis yang dilansir Diskominfo Bali.

Potensi pengembangan bisnis dari kerja sama sesama  pelaku usaha ini sangat terbuka. Salah satu faktornya karena potensi sumber daya alam (SDA) sangat baik. Bahkan sejumlah spot pariwisata di Lampung sangat potensial dikembangkan seperti di Pulau Dewata. 

Termasuk pula pengembangan usaha ekonomi kreatif, industri, jasa dan perdagangan. ”Ini merupakan wadah positif bagi pelaku usaha untuk sama – sama mengembangan usahanya. Pemerintah hanya memfasilitasi saja,” ujarnya.

Kerja Sama G to G

Sementara itu, untuk kerja sama G to G. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung dan Bali telah menandatangani kerja sama di sejumlah bidang. Kesepakatan kerja sama ditandatangani oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dan Pj Gubernur Bali Bali Sang Made Mahendra Jaya, di Badung, Bali.

Terdapat beragam potensi yang sedang dijajaki dan akan dilaksanakan. Antara lain, fasilitasi pengembangan budidaya tanaman pangan, hortikultura dan penguatan tanaman pangan.

Kemudian peningkatan dan pengembangan sumber daya perkebunan, pengembangan sektor peternakan, kesehatan hewan, potensi kelautan dan perikanan, hingga pengembangan koperasi usaha kecil dan menengah.

"Harapan kami dapat mendukung peningkatan investasi guna keberlanjutan pembangunan, menciptakan nilai tambah, mendorong kestabilan ekonomi, membantu mewujudkan demokrasi ekonomi serta mengenalkan potensi investasi yang ada di dua daerah," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya dalam siaran pers, Senin 6 November  2023.

Mahendra menyatakan, Bali dan Lampung mempunyai keunggulan serta potensi masing-masing yang akan lebih tereksplorasi jika kerja sama secara intensif dijalankan. Apalagi, terdapat satu juta warga Bali yang kini menetap di Lampung.

"Kerja sama ini akan mengutakan komitmen, kerja nyata memajukan daerah transfer informasi, inovasi, dan meningkatkan kemajuan serta pembangunan di dua provinsi,"pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: