Waspada Cuaca Ekstrem : Usai Hujan Perdana di Bandar Lampung, 10 Daerah Juga Mulai Diguyur Hujan

Waspada Cuaca Ekstrem : Usai Hujan Perdana di Bandar Lampung, 10 Daerah Juga Mulai Diguyur Hujan

ALHAMDULILLAH : Hujan perdana di Kota Bandar Lampung setelah sekian lama musim kemarau panjang. -Hendarto DSetiawan-

RADARTV – Alhamdulillah. Allahuma shoyyiban nafi’an, itulah ucapan syukur dan doa Ya Allah, turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat, dipanjatkan umat muslim saat merasakan hujan perdana di Bandar Lampung, Rabu 1 November 2023. 

Hujan deras disertai angin kencang dan petir berlangsung sekira pukul 13.20 WIB. Jikalau awalnya sejak pagi hingga jelang tengah hari cuaca panas terik. Namun lepas waktu salat Zuhur, awan tebal mulai menyelimuti sebagian langit Kota Tapis Berseri.

Tiba – tiba turun hujan deras, disertai guntur dan angin kencang. Sejumlah pengemudi sepeda motor dipaksa menepikan kendaraan untuk mencari tempat berteduh. Mereka tak menyangka hujan bisa datang mendadak. 

Setelah sempat reda sekira 10 menit, hujan kembali datang dengan durasi lebih dari 15 menit. Usai itu reda kembali. Matahari sempat bersinar sekira pukul 13.45, namun beberapa menit kemudian, datang lagi hujan. 

Aroma tanah yang berasal dari debu- debu yang tersaput air hujan menyerbak. Sebuah kerinduan kehadiran akan nikmat Allah Subhanawata’ala yang sudah sekian lama tak hadir. 

”Alhamdulillah, sudah sekian lama tak hujan. Semoga menjadi berkah bagi kita semua,” ujar seorang pemuda di kawasan Way Halim.

10 Daerah Mulai Diguyur Hujan 

Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung menerbitkan peringatan dini berupa waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. 

Potensi cuaca ekstrem ini dimungkinkan terjadi di wilayah Bandar Lampung, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Barat, Tanggamus, Pesisir Barat, Lampung Tengah, Lampung Utara, Way Kanan dan Lampung Selatan pada siang dan sore hari. 

”Untuk wilayah Lampung Barat, Pesisir Barat, Way Kanan, dan Tanggamus terjadi di malam hari,” tertulis di laman www.bmkg.go.id.

Masuk Musim Pancaroba 

Koordinator Data dan Informasi Rudi Harianto menyatakan saat ini sejumlah daerah di Provinsi Lampung sudah memasuki masa pancaroba. Musim pancaroba merupakan masa peralihan antara musim kemarau dan musim hujan di Indonesia.

Dengan klasifikasi, wilayah Lampung Bagian Selatan, baru saja mulai masuk musim pancaroba. Untuk wilayah Lampung bagian barat, sudha berlangsung sejak pekan terakhir Oktober bulan 2023.

"Perkiraan musim di Lampung, memang sedang berjalan masa pancaroba," kata Rudi Harianto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: