Komunitas Pemuda Penggiat Budaya ‘Gham Berkain’ Kenalkan Budaya Berkain

Komunitas Pemuda Penggiat Budaya ‘Gham Berkain’ Kenalkan Budaya Berkain

Ketua TP PKK Provinsi Lampung Riana Sari Arinal bersama Komunitas Pemuda Penggiat Budaya ‘Gham Berkain’ dalam Pesta Wastra Bersukaria di Rumah Kayu Bandar Lampung--

RADARTV - Komunitas Pemuda Penggiat Budaya ‘Gham Berkain’ menghelat Pesta Wastra Bersukaria (Pestraria) Tahun 2023 di Kota Bandar Lampung.

Hadir dalam kegiatan Pestaria, Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Ibu Riana Sari Arinal yang secara langsung mengikuti Tutorial Bekain atau tata cara berkain yang benar, yang merupakan rangkaian Pestraria Tahun 2023.

Kegaiatan anak-anak muda lampung ini dihadiri ratusan peserta yang dipusatkan di Rumah Kayu, Sabtu (28/10/2023). 

Diketahui kegiatan ini dilaksanakan untuk membangkitkan semangat dari generasi muda agar terus mencintai budaya bangsa melalui Wastra, serta mengenalkan keindahan destinasi Wisata. 

BACA JUGA:Atraksi Lumba-Lumba Pekon Kiluan Negeri Masuk 45 Top Nasional Desa Wisata Nusantara

Dalam kesempatan ini, narasumber dari Komunitas Remaja Nusantara menjelaskan mengenai sejarah kain di Nusantara, dan tutorial berkain. 

Penggagas acara ini, Rissana Innisa mengatakan Pestraria bertujuan untuk memperkenalkan dan melestarikan budaya tradisional Lampung kepada generasi muda.

“Pestraria merupakan festival yang mengangkat tema ‘Pemuda Berbudaya untuk Indonesia Maju’,” ujar Rissana Innisa, salah satu pendiri Komunitas Gham Berkain ini.

“Kami ingin mengajak generasi muda untuk mencintai dan melestarikan budaya tradisional Lampung, salah satunya melalui wastra.” ungkapnya

BACA JUGA:Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Lampung Dipimpin Sekdaprov, Ini Kategori Pemuda Pelopor Tahun 2023

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bila tutorial berkain dilaksanakan untuk memberikan Informasi kepada Pemuda dan Pemudi di Provinsi Lampung mengenai tata cara berkain yang benar. 

Selain itu, Ica menjelaskan bahwa terdapat hiburan dari Penampilan Sindikat Sisa Semalam yang mengaransemen ulang lagu khas daerah Lampung dengan penampilan berkain, serta terdapat sejumlah rangkaian Games bagi seluruh peserta. 

Dengan menggandeng Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung, Tutorial Berkain menghadirkan Peserta dari seluruh Siswa/i SMA/K di Kota Bandar Lampung yang hadir dengan hiasan kain dari masing-masing peserta.

Kegiatan ini juga dilaksanakan bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh setiap tanggal 28 Oktober hari ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: