Mulai Hari Ini Bansos 10 Kg Beras Cair, Begini Cara Daftar dan Cek Penerima

Mulai Hari Ini Bansos 10 Kg Beras Cair, Begini Cara Daftar dan Cek Penerima

BANDARLAMPUNG : Instruksi Presiden Joko Widowo agar bantuan sosial (bansos) beras seberat 10 kilogram per penerima manfaat segera dicairkan, langsung direalisasikan. Kepala Badan Pangan Nasional Arief Prasetyo Adi memastikan penyaluran bansos beras 10 kilogram dimulai diserahkan hari ini, Senin 11 September 2023. Beras dalam kemasan 10 kilogram itu akan disalurkan kepada 21,3 juta keluarga penerima manfaat (KPM) selama tiga bulan September, Oktober, dan November. Bansos ini disegerakan menyusul keluhan kenaikan harga beras mulai Rp15 ribu perkilogram. Bahkan di sejumlah daerah terdampak el nino di wilayah Indonesia Bagian Timur harga beras sangatlah meroket. "Percepatan bantuan pangan 640 ribu ton, diminta Pak Presiden langsung. Jadi Pak Buwas, Senin langsung launching dilakukan segera," kata Kepala Badan Pangan Nasional, di Jakarta.

Bagaimana Cara Memeriksa Penerima Manfaat (PM) ?

Cara cek penerima bansos beras 10 kg sangatlah mudah. Warga bisa memastikan terdaftar atau tidak sebagai penerima bansos beras 10 kg melalui data Kementerian Sosial. Data ini dapat diakses melalui situs resmi maupun aplikasi. 1. Cek melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/ lalu mengisi data berikut: - Wilayah Penerima Manfaat (Penerima Manfaat) meliputi Provinsi, Kota/Kabupaten/ Kecamatan/ Kelurahan-Desa - Nama PM - Captcha atau kode huruf - Klik Cari Data Jikalau seluruh data telah terisi dan tombol Cari Data sudah ditekan, PM bisa mengetahui hasil cek bansos yang berhak ia terima. 2. Cara Cek Penerima Bansos Beras 10 kg Melalui Aplikasi Aplikasi dibuat oleh Kementerian Sosial untuk melihat kepesertaan bantuan sosial. Dengan begitu penerima manfaat dapat melihat bansos apa yang berhak ia dapat, termasuk salah satu di antaranya bansos beras 10 kg.

Berikut langkah-langkah mengecek PKH melalui aplikasi Cek Bansos:

Tahap 1: Pembuatan akun - Unduh Aplikasi Cek Bansos melalui Appstore atau Playstore - Pilih menu "Buat Akun Baru" - Isi kolom yang tersedia sesuai dengan perintah - Selanjutnya data akan diverifikasi oleh Kementerian Sosial. Tahap 2: Cek Penerima Bansos Di tahap ini, akun telah terverifikasi sehingga PM bisa memanfaatkan fungsi pengecekan bansos pada aplikasi dengan cara: - Buka Aplikasi Cek Bansos - Pilih menu login. Masukan username dan password dengan benar - Klik menu "Cek Bansos" dan lengkapi data sesuai KTP - Klik "Cari Data" dan sistem menampilkan nama penerima PKH

Cara Daftar Sebagai Penerima Bansos Beras 10 kg

Nah, jikalau kamu merasa berhak mendapat bantuan ini namun belum tidak terdaftar maka bisa melakukan pendaftaran mandiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: