Ada 6 Bansos Cair Bulan Agustus 2023, Ini Daftarnya!

Ada 6 Bansos Cair Bulan Agustus 2023, Ini Daftarnya!

BANTUAN sosial atau bansos yang digelontorkan setiap bulan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) RI telah disalurkan untuk periode Agustus 2023. Ada beberapa bansos yang sudah dikeluarkan Kemensos dan pemerintah periode Agustus 2023.

1.BPNT (Bantuan Pangan Non Tunai)

BNPT disalurkan di bulan Agustus 2023 kepada para penerima bantuan. Penyaluran bantuan bertujuan agar keluarga kurang mampu dapat mencukupi kebutuhan hidup mereka dari pasokan pangan. Saat ini, penyaluran dan pencairan BNPT masih melalui KKS (Kartu Keluarga Sejahtera) dan kantor pos. Nominal yang diterima penerima bantuan sebesar Rp200.000.

2. PKH (Program Keluarga Harapan)

PKH telah memasuki pencairan tahap 3. Pencarian program bantuan ini rencananya akan cair bersamaan dengan BNPT, juga di bulan perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia. Nominal bantuan yang akan diterima dari program PKH ini disesuaikan dengan beberapa kategori, yaitu:
  • Siswa Sekolah Dasar (SD) sederajat Rp900.000 dibagi dalam 4 tahapan
  • Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat Rp1.500.000 dibagi dalam 4 tahapan
  • Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat Rp2.000.000 dibagi dalam 4 tahapan
  • Balita/anak usia dini Rp3.000.000 dibagi dalam 4 tahapan
  • Ibu hamil dan pasca melahirkan Rp3.000.000 dibagi dalam 4 tahapan.
  • Para lansia dengan usia 60 tahun Rp2.400.000 dibagi dalam 4 tahapan.
  • Penyandang disabilitas Rp2.400.000 dibagi dalam 4 tahapan.
 

3. PIP (Program Indonesia Pintar)

Kementerian Pendidikan juga akan menyalurkan bantuan biaya pendidikan kepada penerima yang masuk ke dalam kriteria tertentu. PIP tahap ketiga sudah mulai bisa dicairkan sejak 3 Juli lalu dan saat ini sudah masuk pencairan tahap Agustus. Sebagai informasi, 17,9 juta pelajar yang ada di Indonesia akan didata sebagai penerima bantuan PIP Kemdikbud Ristek. PIP tahap ketiga ini memiliki dua SK pencairan yang turun yakni bagi penerima manfaat yang pernah mendapatkan bantuan PIP sebelumnya dan tahun ini kembali menerima bantuan.

4. Bansos YAPI (Bansos Yatim Piatu)

Bantuan YAPI dicairkan juga di bulan bersejarah bagi bangsa Inndonesia. Bantuan ini disalurkan di setiap bulannya dengan total nominal sejumlah Rp 200.000. Akumulasi dari bantuan YAPI ini ialah Rp 1.200.000 untuk periode satu tahun. Pencairan bansos ini akan dilakukan dengan tiga tahapan hingga kemudian cari per tiga bulan sekali

5. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja ditujukan bagi masyarakat yang tak menerima bansos seperti PKH maupun BPNT tetapi ingin memulai karir atau pekerjaan. Bantuan pemerintah ini dibuka per gelombang dan sudah masuk di gelombang ke 59. Masyarakat yang mengikuti program ini akan mendapat insentif dan pelatihan menarik yang tidak dipungut biaya. Bagi masyarakat yang tertarik akan bantuan ini dapat segera mendaftarkan diri.

6. BLT Kemiskinan Ekstrim

Terakhir, ada bantuan Kemiskinan Ekstrim yang disalurkan oleh pemerintah, setelah sebelumnya bernama BLT Dana Desa. Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang tergolong dalam kategori kurang mampu. Bantuan yang akan diterima setiap KPM sekitar Rp300.000 per bulannya, dengan total mencapai Rp900.000. (*)  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: