Pesan Terakhir Jemaah Haji Lampura Yang Hilang Di Mekkah

Pesan Terakhir Jemaah Haji Lampura Yang Hilang Di Mekkah

KOTABUMI : ”Enak kalau punya keluarga di sini (Mekkah,Red) bisa main-main dan lainnya". Inilah pesan terakhir jemaah haji asal Lampung Utara yang diduga hilang atau sengaja menghilang dan tidak mau pulang ke tanah air. Pesan ini sempat diunggah menjadi story whatsapp. ”Tulisan itu sempat menjadi story,” kata petugas kesehatan haji. Endang Yunita Suryani, jemaah haji Lampung Utara rombongan JKG 41 itu menghilang sesaat sebelum kepulangan ke tanah air. Tentu saja pesan itu menjadi makna penting atas hilangnya Endang.

Kronologis Peristiwa

Di saat semua jemaah mulai meninggalkan hotel dan menuju bus. Endang izin keluar hotel dengan dalih mencari sinyal seluler. Diduga saat keluar hotel itulah, Endang pergi dan menghilang. ”Kami sempat mencari informasi keberadaan jemaah haji tersebut. Namun karena pesawat akan segera berangkat, kita tak mungkin mencari terlalu lama,” sambungnya. Kepala Kantor Kementerian Agama Lampung Utara Totong Sunardi membenarkan hilangnya seorang jemaah haji tersebut. ”Jamaah pulang berjumlah 254 Jamaah. Satu orang tercatat meninggal dunia di Mekkah dan 1 orang jemaah gaib,” ujarnya. Meski tak merinci makna gaib, Totong meminta doa seluruh masyarakat  agar proses pencarian berjalan lancar dan jemaah gaib bisa ditemukan. ”Mohon doa kepada seluruh masyarakat, semoga proses pencarian segera membuahkan hasil, ada titik terang dan semoga dapat ditemukan,” ujarnya. Saat dikonfirmasi Plh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung Erwinto membenarkan hal tersebut. Senada disampaikan Plh. Kakanwil Kemenag Lampung Erwinto dari total 5.080 jemaah haji gelombang pertama terdapat dua orang masih tinggal di Mekkah. Satu jemaah mengalami sakit dan harus menjalani perawatan intensif dan seorang lainnya jemaah haji Lampura yang hilang sesaat sebelum pulang. ”Hingga saat ini belum ada informasi. Kita sudah koordinasi dengan petugas disana mencari informasi jemaah haji kita ini," jelas Erwinto.

Haru Biru

Jemaah haji asal Tulangbawang Barat dan Lampung Utara menandai selesainya kepulangan seluruh jemaah haji asal Provinsi Lampung. Jemaah haji asal Lampura tiba di Stadion Sukung sekira pukul 22 Rabu 19 Juli 2023 malam. Keluarga dan sanak kerabat menyambut jemaah dengan tangis haru biru. Termasuk keluarga jemaah yang ”hilang”mencoba mencari informasi sebenarnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: