Debat Paslon Wali Kota – Wakil Wali Kota Bandar Lampung Usung Tema Tata Kelola Pemerintahan dan Kesejahteraan

Minggu 27-10-2024,09:30 WIB
Reporter : coy f siregar
Editor : Hendarto Setiawan

BANDAR LAMPUNG, RADARTVNEWS.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandar Lampung akan menggelar debat publik Pemilihan Walikota (Pilwakot) Bandar Lampung tahun 2024, di Emersia Hotel, Senin 28 Oktober, malam.

Debat publik ini akan disiarakan secara langsung oleh Radar TV dan kanal Youtube KPU Bandar Lampung. Detail acara dan persiapan debat perdana sudah dilakukan jauh- jauh hari. 

Selain merupakan kewajiban sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) juga diharapkan masyarakat dan calon pemilih mampu mengenali sosok, visi, misi dan program masing – masing paslon.

Tujuanya selain memberikan edukasi kepada calon pemilih, event juga dikemas secara menarik sedemikian rupa agar memberikan hiburan bagi masyarakat. 

Debat Paslon Wali Kota – Wakil Wali Kota Bandar Lampung akan usung tema Tata Kelola Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat. 

Untuk mendapatkan pertanyaan berbobot, KPU Bandar Lampung menetapkan lima orang akademisi sebagai panelis dari kalangan akademisi Universitas Lampung dan UIN Raden Intan, Bandar Lampung.

Mereka adalah Saring Suhendro, Bayu Sujatmiko dan Iwan Satriawan dari Universitas Lampung, serta Siti Patimah dan Fitri Yanti dari UIN Raden Intan Lampung.

Debat akan dibagi dalam 6 sesi. Diawali sesi pertama dengan pemaparan visi dan misi, dilanjutkan dengan pendalaman. 

Selanjutnya sesi 2 dan berikutnya paslon akan menjawab pertanyaan pendalaman visi misi dengan tema Tata Kelola Pemerintahan. Begitu juga dengan sesi berikutnya menjawab pertanyaan terkait tema Kesejahteraan Masyarakat.   

“Dua isu krusial ini harapannya menjadi perhatian utama warga dalam menentukan pilihan mereka,” kata Iwan Satriawan, Sabtu 26 Oktober 2024.

Dosen Fakultas Hukum Unila itu menyebut fokus pelayanan publik dan kesejahteraan, debat perdana harapannya mampu memberi gambaran jelas tentang visi dan misi dari masing-masing pasangan calon.

“Pelaksanaan debat publik bertujuan untuk menyebarluaskan profil visi dan misi serta program kerja pasangan calon serta memberikan informasi informasi secara menyeluruh kepada masyarakat,” kata Ketua KPU Kota Bandar Lampung, Dedy Triyadi.

Mantan Ketua KPID Lampung ini menjelaskan ada dua acara debat kandidat antarpasangan calon wali kota dan wakil wali Kota Bandar Lampung dengan mengusung tema berbeda.

“Kami menetapkan tema utama debat publik pertama yaitu Tata Kelola Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat dengan tiga subtema,” ungkapnya.

Penjagaan Ketat dan Berlapis

Kategori :