Pentingnya Mempunyai Personal Branding melalui Skill Public Speaking

Senin 14-10-2024,16:30 WIB
Reporter : MG-24-Celia Agustin
Editor : Hendarto Setiawan

RADARTVNEWS.COM - Personal Branding merupakan sebuah reputasi yang harus dibangun dalam kurun waktu yang lama, sebab menciptakan sebuah identitas yang berbeda. Hal ini tentunya mencakup beberapa hal seperti, kepribadian, pola pikir, opini, dan juga penampilan.

Di era digital membangun personal branding adalah hal penting terutama untuk mereka yang bekerja, sebab semakin canggih suatu teknologi yang kita kuasasi akan semakin mudah untuk mendapatkan kesempatan yang sama atau lebih banyak.

Akan tetapi, sebuah cara berkomunikasi dan mempresentasikan diri sendiri adalah salah satu tantangan yang sangat besar dalam membangun personal branding. Terdapat banyak sekali orang diluar sana yang memiliki pola pikir yang luar biasa, mempunyai ide yang bagus akan tetapi sulit dalam menyampaikannya karena kurang menguasai skill public speaking.

Keterampilan dalam berbicara di depan banyak orang merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk melakukannya. Mengapa demikian? Sebab public speaking bukan hanya sekedar berbicara di depan banyak orang akan tetapi, bagaimana cara kita menyampaikan pesan dengan meninggalkan kesan yang baik dan mempengaruhi audiens.

Mendapatkan sebuah nilai yang dapat kita bagikan dengan orang lain baik secara langsung atau melalui sosial media adalah hal yang penting untuk menjadi public speaker yang baik. Mempunyai personal branding melalui public speaking bukan hal yang sulit asalkan ada kemauan untuk belajar dan terus mengevaluasi kekurangan diri sendiri, adapun beberapa hal yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding diantaranya yaitu:

1. Mengenali Identitas Diri Sendiri

Sangat penting sekali untuk seorang public speaker mengenali dirinya sendiri sebelum memberikan informasi penting kepada masyarakat umum, terutama dalam hal identifikasi nilai-nilai inti, minat, bahkan keahlian yang kita punya. Kemudian hal ini dapat kita gunaka nuntuk sebagai landasan dalam membangun citra diri kita di mata orang lain.

2. Melatih Keterampilan Public Speaking

Public speaking adalah sebuah skill yang dapat dipelaajri dan diperbaiki. Meluangkan waktu untuk belajar berbiacara di depan banyak orang seperti berpidato, atau bergabung dalam sebuah komunitas public speaking yang nantinya akan melatih diri kita percaya diri, dan mempiliki personal branding yang bagus.

3. Mengenali Audiens

Selain mengenali diri sendiri, seorang public speaker harus mampu mengenali audiens, sehingga apa yang disampaikan dapat berguna untuk mempengaruhinya terhadap pesan yang disampaikan.

4. Menggunakan Social Media dengan Bijak

Sebuah platform yang sangat berguna untuk membangun personal branding, karena dengan social media kita akan punya ruang untuk berbagi cerita, pemikiran dan pengetahuan. Dan pastikan sesuatu yang kita share adalah sesuatu yang bermanfaat untuk menjaga konsistensi dalam penyampaian pesan.

5. Menerima Umpan Balik

Sebuah umpan balik yang diberikan dari audiens harus digunakan sebagai acuan kita untuk memperbaiki sesuatu yang kurang, dan hal ini dapat dijadikan sebagai alat untuk membangun personal branding yang baik ketika berbicara di depan umum.

Kategori :