Taman Budaya Lampung Taja Pameran Lukisan “Spektrum Nusantara”.

Senin 14-10-2024,09:28 WIB
Reporter : MG-05-Yogi Fajar Darmawan
Editor : Hendarto Setiawan

BANDAR LAMPUNG.RADARNEWS.COM - Taman Budaya Lampung (TBL) bakal menggelar pameran lukisan. Pameran lukisan yang mengusung tajuk: “Spektrum Nusantara" digelar dalam rangkan Pekan Kebudayaan Daerah (PKD) Lampung.

Pameran yang mengusung konsep keberagaman budaya ini akan digelar di Gedung Pamer Taman Budaya Lampung, Jalan Cut Nyak Din 24, Bandar Lampung mulai Rabu , 16 Oktober  hingga 20 Oktober 2024. 

“Spektrum Nusantara” merupakan sebuah eksplorasi mendalam terhadap kekayaan budaya, seni, dan keragaman alam yang ada di kepulauan Nusantara.

"Spektrum" di sini melambangkan variasi warna, bentuk, dan ekspresi yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, serta bagaimana perbedaan ini menyatu dalam harmoni yang unik. 

Pameran lukisan ini akan memayang 42 karya Lukis dari berbagai langgam isme yakni; Realisme, Surialisme, Naturalisme, Kontemporer  juga ada beberapa karya kaligrafi dari perkumpulan Perkazi (Perkumpulan Kaligrafi dan Zuhrufah Provinsi Lampung).

Ketua Perkazi Zuhdan Naufali di Bandar Lampung, Minggu (13/10/2024) mengatakan, kami yang tergabung dalam perkumpulan perkazi, diberikan ruang dan kesempatan  untuk presentasi karya dengan kemasan kaligrafi dan  ikut berpartisipasi meramaikan perhelatan pameran lukisan dengan tema “Spektrum Nusantara” yang digagas oleh Taman Budaya Lampung. 

Kurator Pameran ““Spektrum Nusantara” David mengatakan, kaligrafi merupakan media syiar, dakwah dengan karya seni kaligrafinya, pesan-pesan yang terkandung di dalamnya sangat beragam.

BACA JUGA:Tingkat Kemiskinan Kota Bandar Lampung Kalahkan Palembang dan Medan, Mantap!

“Kami panitia memberikan porsi yang sama pada perupa-perupa yang berdomisili di Lampung terutama perupa-perupa muda yang terus mengeksplorasi dengan tema-tema sosial, budaya, religious, landskap yang ada di Provinsi Lampung,” ungkapnya. 

Pameran kali ini.lanjut David,  diikuti oleh perupa-perupa Lampung dari berbagai kabupaten kota, para perupa hadir dengan dengan berbagai konsep dan teknis yang berbeda-beda. 

Spektrum Nusantara menggambarkan bagaimana berbagai elemen budaya, alam, dan kehidupan sosial di Indonesia khususnya Provinsi Lampung, diinterpretasikan melalui medium  visual. 

“Seni lukis memiliki kemampuan unik untuk menangkap esensi dari keberagaman ini,  baik dari segi warna, bentuk, maupun tema yang diangkat,” beber David. 

BACA JUGA:Aktif Tanpa Ribet: 10 Olahraga Ringan untuk Kaum Rebahan

David menambahkan Indonesia merupakan negara dengan ribuan pulau dan ratusan etnis, masing-masing dengan  budaya dan karakteristik unik. Keanekaragaman ini dapat dilihat sebagai spektrum yang kaya,  mulai dari warna-warni keberagaman budaya yang ada di Lampung, hingga keindahan  lanskap alamnya yang spektakuler. 

“Spektrum Nusantara adalah upaya untuk mengeksplorasi  dan menyatukan berbagai elemen tersebut dalam satu kanvas, menonjolkan identitas dan jati  diri Indonesia yang kompleks namun harmonis,” imbuh David. 

Kategori :